Pemprov Akan Bangun Patung Haluoleo di Bandara

  • Bagikan
Martin Effendi Patulak
Martin Effendi Patulak

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun patung sosok pahlawan asal Sultra, Haluoleo di kawasan Bandara. Anggaran sebesar Rp 6 miliar dialokasikan dalam APBD tahun 2024 di Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra untuk merealisasikan proyek itu tahun ini.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak, mengatakan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan perajin patung di Jogja untuk membuat patung Haluoleo. Katanya, desain sosok Haluoleo sudah diterima dari Lembaga Adat Tolaki. “Jadi kami tinggal melakukan survei untuk menyesuaikan desain patung dengan keadaan lapangan,” ungkapnya.

Menurutnya, pengerjaan patung Haluoleo akan lebih mudah, ketimbang patung Oputa Yi Koo di Baubau. Sebab patung yang dibuat oleh pengrajin dari Jogja akan didatangkan secara utuh. Mengingat ukurannya hanya enam meter, jadi bisa dimuat kontainer. “Berbeda dengan pembangunan patung Oputa Yi Koo yang dirakit dari kaki. Sebab bagian-bagian tubuh patung dikirim secara terpisah,”ungkapnya saat ditemui, kemarin.

Ia menjelaskan konstruksi dasar dudukan patung Haluoleo akan dibangun setinggi 3 meter. Sedangkan tinggi patung 6 meter. Jadi total keseluruhan konstruksi patung Haluoleo setinggi 9 meter. Mantan Kepala Dinas Sosial Sultra itu menambahkan pengerjaan pembangunan patung ditarget rampung tahun ini.

Soal lelang, kata dia, akan dilakukan bila semua dokumen sudah siap. Selain pembangunan patung Haluoleo, pihaknya juga akan membangun kolam renang bertaraf internasional di kawasan Mako Brimob. Anggarannya sekira Rp 3 miliar dari APBD 2024. (ags/b)

  • Bagikan