Pj Gubernur Sukses Kendalikan Inflasi

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto

--Inflasi Sultra Berada di Bawah Rata-rata Nasional

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto bersama jajaran sukses mengendalikan inflasi. Tercatat, angka inflasi Sultra pada Desember 2023 sebesar 2,58. Angka ini jauh lebih kecil atau menurun dibanding inflasi bulan sebelumnya (November) sebesar 2,87.

Menariknya lagi, inflasi Sultra yang sebesar 2,58 masih berada di bawah inflasi rata-rata nasional, yakni sebesar 2,61. Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengapresiasi capaian tersebut.

"Alhamdulillah, inflasi di Sultra saat ini turun dan angkanya di bawah rata-rata nasional. Saya ucapkan terima kasih atas peran serta dan kontribusi rekan-rekan OPD semua, dalam pengendalian inflasi di Provinsi Sultra," ujar Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/1/2024).

Sekjen Kemenkumham ini menjelaskan, meski target Sultra untuk mencapai inflasi di bawah angka inflasi nasional, sudah tercapai, namun tidak boleh berpuas diri. Sebab, tantangan ke depan, jauh lebih berat. "Kita tidak boleh terlena. Harus terus bekerja keras supaya inflasi bisa terus dikendalikan," jelas Pj Gubernur Andap.

Tahun ini, lanjut Pj Gubernur Andap, akan ada tambahan 2 kabupaten lagi yang akan dipantau IHK-nya (Indeks Harga Konsumen) yakni Konawe dan Kolaka.

"Mulai Januari 2024 ini akan dipantau. Selanjutnya pada Februari 2024, hasilnya akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS)," terangnya.

Dengan tambahan 2 kabupaten itu, maka ke depan, akan dihitung 4 daerah angka inflasinya. Daerah dimaksud adalah Kota Baubau, Kota Kendari, Kabupaten Kolaka dan Konawe. "Namun demikian, kita harus tetap semangat dan optimis," imbuh Pj Gubernur Andap.

Sekadar informasi, inflasi Kota Kendari Desember 2023 sebesar 0,31 persen. Sementara, inflasi satu tahun kalender sebesar 2,61 persen. Sedangkan inflasi Kota Baubau Desember 2023 sebesar 1,01 persen dan inflasi satu tahun kalender 2,48 persen. Gabungan dua kota ini, inflasi adalah 0,47 persen. (rah/b)

  • Bagikan

Exit mobile version