Pajak BBM Penuhi Target

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jurus Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menggenjot pundi-pundi penerimaan daerah cukup ampuh. Target penerimaan daerah lewat pajak Bahan Bakar Minya (BBM) mampu dipenuhi. Tahun 2023, Bapenda berhasil mengumpulkan duit dari pajak BBM sebesar Rp 500 miliar.

"Alhamdulillah target itu telah kita penuhi hingga akhir Desember 2023. Realisasi pengelolaan pajak BBM sudah 100 persen. Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras jajarannya. Khususnya di Unit Pelaksana Tekhnis Badan (UPTB) yang tersebar di 17 daerah,” ungkap Mujahidin Kepala Bapenda Sultra kepada Kendari Pos, Selasa (2/1).

Mantan Kepala Inspektorat Konawe Selatan (Konsel) ini berharap pengelolaan pajak BBM di tahun 2024 bisa lebih meningkat. Untuk mendukung hal itu, pihaknya bakal membentuk tim terpadu dalam optimalisasi pengelolaan pajak BBM.

"Kita tidak mungkin kerja sendiri dalam memaksimalkan pajak BBM. Melainkan harus melibatkan sejumlah stakeholder terkait, seperti dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pertamina dan instansi terkait lainnya,” ujar Mujahidin.

Pada November 2023, penerimaan pajak BBM sempat stagnan diangka 88 persen atau Rp 443 miliar. Makanya, pihaknya melakukan upaya percepatan dalam menggenjot pendapat daerah. "Ikhtiar itu membuahkan hasil. Target yang kurang dari Rp 57 miliar ini bisa dicapai di akhir Desember," tutupnya. (c/kam)

  • Bagikan