FT UHO Dorong Mahasiswa Ikut IISMA

  • Bagikan
Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Ir. Laode Muhammad Golok Jaya, ST, MT.
Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Ir. Laode Muhammad Golok Jaya, ST, MT.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Saat ini, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) terus mendorong mahasiswa untuk mengikuti program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA). Melalui program tersebut, mahasiswa Teknik Informatika berkesempatan mengikuti perkuliahan di salah satu universitas ternama di Spanyol. Kegiatan tersebut juga merupakan implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Wakil Dekan Bidang Akademik FT UHO, Prof. Dr. Laode Muhammad Golok Jaya, ST., MT., mengatakan bahwa kegiatan MBKM di FT UHO telah berjalan kurang lebih tiga tahun sejak digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di 2020 lalu.

“Fakultas Teknik memfasilitasi mahasiswa dalam melaksanakan MBKM baik di dalam maupun di luar negeri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa program MBKM yang dilaksanakan mahasiswa kebanyakan merupakan program pertukaran mahasiswa. “Kurang lebih 150 mahasiswa Fakultas Teknik telah melaksanakan program ini melalui skema outbound di perguruan tinggi ternama di Jawa,” jelasnya.

Melalui MBKM, mahasiswa diharapkan dapat menimba ilmu dan pengalaman belajar di perguruan tinggi terkemuka baik didalam negeri maupun luar negeri.

“Program selanjutnya adalah kampus mengajar dimana mahasiswa Fakultas Teknik mengajar pada satuan-satuan pendidikan baik tingkat sekolah dasar dan menengah yang ada di Sulawesi Tenggara. Selain itu, terdapat program KKN Tematik membangun desa dimana mahasiswa melaksanakan KKN di desa selama satu semester untuk menerapkan program-program nyata untuk membangun desa. Adapun jumlah mahasiswa yang terlibat telah mencapai lebih dari 100 orang,” ucapnya.

Program lainnya adalah magang di perusahaan-perusahaan konsultan, kontraktor terkemuka dan BUMN serta instansi pemerintah yang memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang ilmu yang ditekuni. “Program magang di luar negeri utamanya di Jepang telah diikuti lebih dari 120 mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Mesin, Sipil dan Elektro.

Saat ini mahasiswa Fakultas Teknik juga didorong untuk mengikuti program IISMA dimana sebelumnya melalui program tersebut terdapat mahasiswa Teknik Informatika UHO yang berkesempatan mengikuti perkuliahan di salah satu Uluniversitas ternama di Spanyol,” ungkapnya.

Tahun 2024 diharapkan semakin banyak mahasiswa Fakultas Teknik yang berkesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi di luar negeri.

Semua mahasiswa yang melaksanakan MBKM, dilakukan konversi SKS mata kuliah yang diprogram sebanyak 20 SKS per semester. Dengan kebijakan tersebut, dapat dilakukan percepatan studi mahasiswa. “Banyak mahasiswa yang begitu menyelesaikan program MBKM bisa langsung diwisuda karena mampu menyelesaikan skripsi tidak lama setelah menyelesaikan MBKM tersebut.

Khusus program magang di Jepang, beberapa alumni yang dihasilkan dari program tersebut, dipanggil kembali bekerja oleh perusahaan tempat magang mereka dahulu setelah lulus sarjana. Hal tersebut merupakan kontribusi nyata program MBKM dalam meningkatkan jumlah lulusan yang bisa langsung bekerja,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan