Tingkatkan Standar Keselamatan Wisatawan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli Tombili
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli Tombili

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Liburan akhir tahun telah tiba. Di momentum seperti ini, pergerakan masyarakat meningkat terutama di objek wisata. Sudah menjadi tradisi, destinasi wisata menjadi lokasi favorit menghabiskan momen pergantian tahun. Sebagai langkah antisipatif, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkatkan aspek keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli Tombili mengatakan akan berupaya mengantisipasi dan mengelola potensi risiko demi memberikan pengalaman liburan yang aman dan menyenangkan bagi masyarakat. Makanya, ia terus memperkuat koordinasi dengan lintas sektor. Mulai dengan pemda, kepolisian, TNI dan pihak yang terlibat dalam industri pariwisata.

Di sisi lain, langkah pengamanan diperketat. Pemprov Sultra dan personil TNI/ Polri standbye dalam mengamankan destinasi wisata. Langkah-langkah keamanan diperketat dengan melakukan patroli dan meningkatkan pengawasan area wisata.

“Keselamatan pengunjung adalah prioritas utama kami selama libur Nataru ini. Kami bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa destinasi wisata aman, terkontrol, dan dapat dinikmati oleh semua orang,” ujar BelliTombili, Jumat (29/12)

Peningkatan fasilitas dan pelayanan di destinasi wisata lanjutnya, turut menjadi perhatian. Pemeliharaan rutin dilakukan untuk memastikan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya beroperasi dengan optimal. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan yang dapat membahayakan pengunjung.

WISATA : Di momentum liburan Nataru pergerakan masyarakat meningkat terutama di objek wisata. Sudah menjadi tradisi, destinasi wisata menjadi lokasi favorit menghabiskan momen pergantian tahun. Salah satu kawasan destinasi wisata baru di Kendari. (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

“Pengelolaan lalu lintas di sekitar destinasi wisata juga menjadi perhatian serius kami di Dispar. Dengan meningkatnya volume kendaraan selama libur, penataan lalu lintas dan parkir diperketat untuk menghindari kemacetan dan memastikan akses yang lancar ke area wisata,” jelas mantan Kepala Biro (Karo) Pembangunan Sutprov Sultra ini.

Menurutnya, peningkatan kunjungan masyarakat ke objek wisata wajib menjadi perhatian serius. Terlebih, Sultra juga memiliki beberapa objek wisata yang selalu menjadi tujuan destinasi wisata keluarga saat libur akhir tahun. Diantaranya di sekitaran Kota Kendari seperti Pantai Toronipa dan Pulau Bokori, serta Pulau Labengki di Konawe Utara (Konut) hingga Air Terjun Moramo di Konawe Selatan (Konsel)

Dalam berkunjung ke destinasi- destinasi wisata, masyarakat tetap memperhatikan keselamatan, keamanan dan kesehatan diri sendiri serta kerabat atau keluarga mereka saat berada di lokasi wisata. Dinas Pariwisata Sultra telah meminta Dispar kabupaten dan kota agar memperketat pengawasan keamanan bagi pengunjung saat memasuki masa libur Nataru.

“Dengan langkah-langkah ini, kami berharap dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada pengunjung. Upaya bersama dari berbagai pihak diharapkan mampu menciptakan lingkungan liburan yang menyenangkan. Apalagi, sejak awal Desember kita sudah mengajak seluruh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata ke Sultra,” pungkasnya. (c/rah)

  • Bagikan