Plt Bupati Kolaka: Jaga Keamanan Selama Pemilu

  • Bagikan
LANTIK : Plt bupati Kolaka, Muhammad Jayadin melantik 1.410 anggota sat Linmas yang akan bertugas di 705 TPs di Kabupaten Kolaka. (ZULFADLY/KENDARIPOS)
LANTIK : Plt bupati Kolaka, Muhammad Jayadin melantik 1.410 anggota sat Linmas yang akan bertugas di 705 TPs di Kabupaten Kolaka. (ZULFADLY/KENDARIPOS)

--1.410 Sat Linmas Ditugaskan di 705 TPS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka berupaya agar pemilu 2024 mendatang dapat berlancar lancar dan aman. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan membentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas). Para anggota Sat Limas yang dipilih itu diberi pembekalan di Aula Sasana Praja, Rabu (27/12).

Plt Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, pembekalan dan pelatihan ini diharapkan, dapat meningkatkan profesionalisme dan kesiapan Sat Linmas dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilihan Umum 2024. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan profesionalisme Sat Linmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu.

“Dengan pengetahuan dan keterampilan yang ditingkatkan, Sat Linmas diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses demokrasi selama pemilu. Tetap jalin kerja sama yang baik antara Sat Linmas, Kepolisian, dan instansi terkait lainnya,” pesan Jayadin.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kolaka, Muhammad Said Hafid mengungkapkan, sebanyak 1.410 Sat Linmas yang akan ditempatkan di 705 TPS yang ada di Bumi Mekongga. Kata dia, dalam pembekalan, peserta juga diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab Sat Linmas dalam pengamanan Pemilihan Umum.

Mereka juga diberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip keamanan, penanganan situasi darurat, komunikasi efektif, dan penanganan konflik. Selain itu, peserta juga mendapatkan pemahaman tentang peraturan dan prosedur yang berlaku dalam pengamanan pemilu.” ujar Said.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian pakaian seragam terbaru, sebanyak 942 pasang berdasarkan Kemendagri Nomor 11 Tahun 2023. Pj Sekretaris Kabupaten Kolaka Muhammad Bakri juga terlihat hadir dalam giat tersebut. (b/fad)

  • Bagikan