Harmin Ramba Janji Bangun Infrastruktur di Saponda

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (tengah) disambut masyarakat dan ASN Pemerintah Kecamatan Soropia saat menjejak di Pulau Saponda, Rabu (6/12/2023). (ADI HIDAYAT / KENDARI POS)
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (tengah) disambut masyarakat dan ASN Pemerintah Kecamatan Soropia saat menjejak di Pulau Saponda, Rabu (6/12/2023). (ADI HIDAYAT / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Warga Pulau Saponda, Kabupaten Konawe sangat jarang bertemu dengan pemimpin daerahnya. Catatan Kendari Pos, hanya mantan Bupati Konawe Lukman Abunawas dan Penjabat (Pj) Bupati Harmin Ramba yang menjejak wilayah yang terletak di Kecamatan Soropia itu. Pj Bupati Harmin Ramba menyapa warganya di Pulau Saponda, Rabu (6/12/2023), kemarin. Ia terhenyak melihat kondisi dan mendengar aspirasi warga terkait pembangunan infrastruktur di sana karena dapat dikatakan belum memadai.

Di pulau Saponda terdapat Desa Saponda Darat dan Desa Saponda Laut. Dari lawatannya itu, Pj Bupati Harmin Ramba menilai beberapa infrastruktur di Pulau Saponda mesti ditingkatkan. Salah satunya, tebing penahan abrasi pantai.

"In Sya Allah, ini (tebing penahan abrasi pantai) akan menjadi perhatian saya. Termasuk, peningkatan jalan lingkungan di pulau Saponda. Sebab kita tahu bersama, Saponda ini merupakan satu-satunya pulau yang ada di Konawe," ujarnya saat tiba di Pulau Saponda, kemarin.

Untuk sampai di Pulau Saponda, mantan Camat Abuki itu bersama rombongan harus menumpang perahu bermesin tempel (katinting,red). Butuh waktu sekira 1 jam dari dermaga Kampung Bajoe, Pj Bupati Harmin Ramba dan rombongan menjejak Pulau Saponda.

"Saya tidak ingin hanya sekadar mendapatkan informasi kewilayahan dari camat atau Kepala OPD semata. Sebab itu, saya datangan di Pulau Saponda untuk melihat langsung kondisi riil terkait dengan kebutuhan dan pelayanan masyarakat di semua sektor. Mulai dari sektor infrastruktur, kesehatan, perikanan dan lain sebagainya," tuturnya.

"Jangan disangka saya tidak memikirkan masyarakat Saponda. Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan kecintaan saya terhadap masyarakat yang bermukim di pulau Saponda," sambung mantan Kepala Bidang Fisik dan Prasarana (Fispra) Bappeda Sultra itu.

Selain itu, Pj Bupati Harmin Ramba menilai, pelayanan kesehatan (yankes) di Pulau Saponda perlu diintensifkan. Sebab dari penuturan warga Saponda, tidak ada tenaga kesehatan (Nakes) yang bermukim di Pulau Saponda. Sebagian besar nakes tinggal dan menetap di wilayah daratan Kecamatan Soropia. Hal itu disebabkan fasilitas kesehatan di Saponda hanya sebatas Poliklinik Desa (Polindes).

"Ke depan kita akan bangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Pulau Saponda sehingga level fasilitas kesehatan bisa naik. Saya akan bicarakan sama pimpinan OPD terkait supaya mengalokasikan nakes yang mau bermukim di pulau Saponda. Namun sebelum itu, kita juga harus siapkan penginapan dan fasilitas lainnya bagi mereka," ungkap mantan Pj Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna itu.

Tak hanya itu, Pj Bupati Harmin Ramba menjanjikan sejumlah bantuan peningkatan infrastruktur pendidikan di Pulau Saponda. Di pulau itu, hanya terdapat 2 sekolah yakni, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Saponda dan Sekolah Menengah Pertama Satu Atap (SMP Satap) 2 Saponda. Bangunan 2 sekolah itu saling berhadapan.

"Kita nanti akan alokasikan anggaran untuk rehabilitasi sekolah di Pulau Saponda. Kita paving blok dan bangun pagar. Saya pribadi, juga akan memberikan bantuan 2 unit laptop untuk para guru. Penyediaan internet juga kita akan fasilitasi untuk masyarakat Saponda. Termasuk ambulance laut akan kita berikan nanti. In Sya Allah kita siapkan anggarannya tahun 2024," janji Pj Bupati Harmin Ramba.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (depan, 5 dari kanan), didampingi jajaran Forkopimda Konawe dan pimpinan OPD bersama masyarakat Pulau Saponda, Rabu (6/12/2023). (ADI HIDAYAT / KENDARI POS)

Dalam kunjungan kerja di Pulau Saponda, Pj Bupati Harmin Ramba atas nama Pemkab Konawe menyerahkan bantuan beras 10 kg sebanyak 377 karung. Bantuan itu, yakni dalam rangka penanganan stunting di pulau Saponda, termasuk mengatasi inflasi dan kemiskinan ekstrem diwilayah setempat. "Hampir semua kepala keluarga (KK) dapat bantuan itu. Kita juga berikan 1 set bantuan alat tangkap ikan, serta kapal bagi nelayan Saponda," ucap Pj Bupati Harmin Ramba. (adi/b)

  • Bagikan

Exit mobile version