Surunuddin Promosi Potensi Unggulan di Belanda

  • Bagikan
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (kanan) menyaksikan proses penandatanganan naskah kerja sama promosi potensi pariwisata desa wisata Konsel antara Kepala Dinas Pariwisata Adywarsyah Toar (2 dari kanan), dan salah satu pendiri Vereneging Negeriku Latif Gau (2 dari kiri) di gedung Indonesian House di Kota Amsterdam, Belanda. (Dok Vereniging Negeriku)
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (kanan) menyaksikan proses penandatanganan naskah kerja sama promosi potensi pariwisata desa wisata Konsel antara Kepala Dinas Pariwisata Adywarsyah Toar (2 dari kanan), dan salah satu pendiri Vereneging Negeriku Latif Gau (2 dari kiri) di gedung Indonesian House di Kota Amsterdam, Belanda. (Dok Vereniging Negeriku)

--Desa Wisata dan Produk UKM Konsel Go International

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mesti bangga punya pemimpin visioner seperti Bupati Surunuddin Dangga. Tak hanya lihai mewujudkan pembangunan daerah, Bupati Konsel 2 periode itu memajukan sektor pariwisata dan UKM. Bupati Surunuddin mempromosikan potensi pariwisata dan UKM unggulan Konsel hingga ke negeri Belanda.

Di negeri kincir angin itu, Bupati Surunuddin menggelar pameran desa wisata. Didampingi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, organisasi Vereniging Negeriku, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda, Pemkab Konsel sukses menggelar pameran yang dibuka Wakil Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Freddy Panggabean di Indonesia House Amsterdam.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Konsel Adywarsyah Toar dan salah satu pendiri Vereneging Negeriku, Latif Gau menandatangani naskah kerja sama promosi potensi pariwisata desa wisata Konsel di Belanda dan Eropa.

Bupati Surunuddin mengapresiasi dukungan KBRI, Vereniging Negeriku, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda yang telah membantu Pemkab Konsel mempromosikan desa wisata dan produk UKM. “Kita menjajaki produk-produk UMKM yang bisa dipasarkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di daerah. Selain itu, kami mengenalkan desa wisata di Belanda. Kita juga belajar di sana karena Belanda memiliki banyak desa-desa wisatanya,” ujar Bupati Surunuddin kepada Kendari Pos, Senin (4/12/2023), kemarin. Bupati Surunuddin meyakini, ikhtiarnya membawa desa wisata dan produk UKM Konsel untuk go international semata-mata untuk membuka peluang bisnis bagi produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) dan wisata di Konsel. “Tentunya hal ini akan memberi dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah Konsel,” imbuhnya.

Salah satu desa wisata di Konsel adalah desa wisata air terjun Moramo Sumber Sari. Desa wisata itu meraih juara 3 nasional kategori daya tarik pengunjung Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Adapun 2 desa wisata lainnya yang juga turut masuk dalam ADWI adalah Desa Wisata Namu dan Desa Wisata Tatangge.

“Konsel miliki potensi itu (wisata, red), terbukti air terjun Moramo Sumber Sari berhasil mengharumkan Konsel di kancah nasional. Hal itu membuktikan daerah kita mampu bersaing di sektor wisata. Begitu juga dengan UMKM dan Ekonomi Kreatifnya, ungkap Bupati Surunuddin yang juga mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sultra tahun 1994-2004.

Sebelumnya, Wakil Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Freddy Panggabean melalui Bupati Surunuddin mengatakan bahwa pameran ini merupakan pameran desa wisata pertama kali yang diadakan oleh pemerintah kabupaten di Belanda dan Eropa.

Menurut Freddy Panggabean, KBRI sangat antusias, apalagi ini pertama kalinya menggunakan gedung Indonesian House di Amsterdam setelah direnovasi.

“Hal ini menjadi istimewa karena gedung Indonesian House, yang dahulu adalah gedung Konsulat RI, selama puluhan tahun tidak pernah digunakan. Akhirnya dapat dimanfaatkan kembali dengan tujuan mempromosikan produk dan budaya termasuk pariwisata Indonesia di Belanda dan Eropa,” kata Freddy seperti dituturkan Bupati Surunuddin kepada Kendari Pos.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar mengatakan pameran desa wisata di Belanda mengundang beberapa Tour Operators dan masyarakat Belanda untuk ikut serta menyaksikan produk-produk UKM dan gambaran desa wisata Konsel.

“Produk-produk tersebut ditampilkan selama November dan Desember 2023 di Indonesian House Amsterdam agar publik yang tertarik dapat hadir dan melihat langsung produk-produknya,” ujar Adywarsyah Toar, kemarin.

Bagi yang tertarik berkunjung, lanjutnya, dapat mengirimkan email ke [email protected] untuk dibuatkan jadwal berkunjung. Indonesia House Amsterdam beralamat di Brachthuijzerstraat 4, 1075 EN Amsterdam.

“Pameran di Belanda ini juga sebagai salah satu semangat mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat, dan mempromosikan Surga Wisata di Konsel,” kata Adywarsyah.

Delegasi Pemkab Konsel dipimpin langsung Bupati H Surunuddin Dangga didampingi Ketua DPRD Irham Kalenggo, Sekda Hj St Chadidjah, Ketua Dekranasda Hj Nurlin Surunuddin, Kadis Pariwisata Adywarsyah Toar, Kepala BKAD Konsel H Nisbahnurrahim, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj St Hafsa, Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, Ketua Kadin Adi Jaya Putra, Kepala Bagian Umum Sri Yuningsih, Direktur Perumda Arief Rachman, dan Kepala Bidang Pengembangan SDM Dispar Konsel Suartin Sianti. (ndi/b)

  • Bagikan