Sukanto Toding Ukir Prestasi Nasional

  • Bagikan
Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) dan Sekda Kolut Taupiq Sonda menerima penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan di Gand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta. (DISKOMINFO KOLUT)
Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) dan Sekda Kolut Taupiq Sonda menerima penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan di Gand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta. (DISKOMINFO KOLUT)

--Kolut Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding tak butuh waktu lama untuk membuktikan kemampuannya sebagai leader (pemimpin). Hanya berselang 4 bulan pasca menerima tongkat estafet kepemimpinan di Bumi Patowonua, Pj Bupati Sukanto Toding mengantarkan Kolut meraih penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau Kabupaten Sehat 2023.

Prestasi ini sekaligus mengakhiri "puasa" Kolut sebagai Kabupaten Sehat. Pada 2015 atau 8 tahun silam, Kolut pernah mendapatkan penghargaan serupa. Di tangan Pj Bupati Sukanto Toding, penganugerahan Kolut sebagai Kabupaten Sehat kembali bisa diraih.

Pj Bupati Kolut Sukanto Toding mengatakan penghargaan ini merupakan buah dari hasil dedikasi dan kerja keras semua pihak, termasuk masyarakat Kolut dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan. Di sisi lain, bisa menjadi tonggak sejarah bagi Kolut dan akan menjadi motivasi untuk terus bekerja dalam mendongkrak kualitas layanan kesehatan masyarakat.

“Prestasi ini menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Selain itu, menjadi langkah signifikan pemda dalam mencapai standar kesehatan yang tinggi,” kata Pj Bupati Sukanto Toding kepada Kendari Pos, Rabu (29/11/2023), kemarin.

Bagi Asisten II Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra itu, pengakuan dari Kemenkes berupa Swasti Saba, tak hanya sekedar prestasi. Namun juga sebagai simbol komitmen kuat dalam memberikan perhatian serius terhadap kesehatan publik. Dengan pengakuan ini, Pj Bupati Sukanto Toding merencanakan langkahlangkah lebih lanjut untuk meningkatkan layanan kesehatan, memperluas akses terhadap fasilitas medis, serta menggencarkan program-program pencegahan yang lebih efektif.

“Ini bukanlah akhir dari perjalanan,. Melainkan menjadi dorongan bagi Kolut untuk lebih berinovasi dalam layanan kesehatan. Kami berkomitmen melanjutkan upaya-upaya progresif guna menjadikan Kolut sebagai contoh kabupaten yang tidak hanya mandiri secara kesehatan, tetapi juga berkelanjutan dalam memajukan kesejahteraan masyarakatnya,” jelas mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sultra itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut Irham meyakini mempertahankan prestasi ini buah dari kerja sama yang solid. Pemkab Kolut berkomitmen mengembangkan inovasi, memperluas akses layanan kesehatan dan melanjutkan program-program yang lebih efektif demi kesejahteraan masyarakat.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan layanan dalan mewujudkan masyarakat yang hidup sehat secara menyeluruh. Ini merupakan kali kedua penghargaan Swasti Saba. Pertama kali diraih tahun 2015 silam,” ujar Irham. (mal)

  • Bagikan

Exit mobile version