Burhanuddin Sukses Membangun Bombana

  • Bagikan
Burhanuddin (kanan) saat menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bombana meninjau proyek pengaspalan jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena Utara. (Maslindah Ali/Kendari Pos)
Burhanuddin (kanan) saat menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bombana meninjau proyek pengaspalan jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena Utara. (Maslindah Ali/Kendari Pos)

--Wakil Ketua DPRD : Banyak Perubahan Positif Selama Burhanuddin Menjabat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - 24 Agustus 2022, Burhanuddin mengemban amanah sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bombana. Burhanuddin dinilai sukses membangun Bombana oleh Kemendagri. Setahun kemudian, tepatnya 24 Agustus 2023, Burhanuddin kembali diberi amanah menakhodai Bombana hingga 24 Agustus 2024. Itu tertuang dalam SK perpanjangan masa jabatan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Namun baru 3 bulan 3 hari bertugas, Burhanuddin mendadak diganti.

Padahal Burhanuddin telah menunjukan karya dan prestasi demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Bombana selama 1 tahun 3 bulan bertugas. Deretan karya nyata Burhanuddin seperti tak ada nilainya di mata pemerintah pusat.

Burhanuddin berhasil mengalirkan listrik di Pulau Kabaena selama 24 jam. Sebelumnya, listrik beroperasi hanya 15 jam sehari di pulau itu. Selama belasan tahun, jalan-jalan di Pulau Kabaena tak tersentuh aspal. Burhanuddin secara bertahap berhasil menyelesaikan persoalan jalan dengan menggelontorkan anggaran baik dari APBD maupun APBN. Sejumlah ruas jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat ke Kabaena Utara kini terbalut aspal.

Saat masih menjabat Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin mendorong kesejahteraan masyarakat Bombana melalui One Village One Produk atau 1 desa 1 produk. Selain itu meluncurkan program 1 hektare 1 OPD hingga mengusung Bombana sebagai surga investasi.

Tak hanya itu, Burhanuddin juga berhasil membawa Kabupaten Bombana sebagai salah satu daerah yang berhasil masuk dalam nominasi award pengendali inflasi terbaik tingkat nasional tahun 2023.

Minggu 26 November 2023, malam, sebelum meninggalkan rumah jabatan bupati, Burhanuddin mengatakan dirinya sudah seperti orang Bombana. Ini adalah hal yang patut disyukuri karena ada tugas yang telah dilaksanakan. Burhanuddin bersyukur karena telah mendapatkan saudara-saudara baru di Bombana, dan kebersamaan ini akan tetap berlanjut.

Burhanuddin juga mengucapkan terima kasih kepada dinas-dinas yang telah bekerja sama dan terlibat langsung dalam terlaksananya kegiatan selama masa jabatannya di Bombana. Burhanuddin memohon maaf apabila ada pelayanan yang belum dilakukan dan masih ada yang belum berjalan secara maksimal selama menjabat sebagai Pj Bupati Bombana. "Terima kasih, Bombana ini sudah seperti rumah saya sendiri," ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar mengapresiasi kinerja Burhanuddin selama memimpin Bombana sejak 24 Agustus 2022 hingga 26 November 2023. “Banyak perubahan positif selama Burhanuddin menjabat, terutama dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti pengaspalan jalan di Kabaena, penyediaan listrik, dan penataan ibu kota,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (27/11/2023), kemarin.

Menurut Iskandar, Burhanuddin berhasil memberikan prioritas yang tepat pada kebutuhan mayoritas masyarakat. Iskandar menilai berbeda dari para pemimpin sebelumnya. Ia menyatakan bahwa berbagai terobosan positif dan kinerja Burhanuddin telah memenangkan hati masyarakat Bombana.

Iskandar berharap agar Pj Bupati Bombana pengganti Burhanuddin mampu melanjutkan kinerja positif tersebut. Ia juga berharap harus ada kejutan-kejutan baru dari penjabat bupati yang baru, sebagaimana yang telah ditunjukkan Burhanuddin saat menjadi Pj Bupati Bombana.

"Dari kejutan pergantian ini, saya berharap penjabat yang menggantikan pak Bur, juga akan memberikan kejutan-kejutan yang baru, seperti halnya dia di lantik sebagai Pj bupati Bombana," pungkas Iskandar. (idh/b)

Karya Burhanuddin

1.Listrik 24 Jam di Kabaena
-Burhanuddin mengalirkan listrik di Pulau Kabaena selama 24 jam untuk 26.000 warga
-Sebelumnya, listrik beroperasi hanya 15 jam sehari di pulau itu
-Listrik di Pulau Kabaena disuplai melalui PLTD Sikeli oleh 5 mesin
-Versi PLN, untuk meningkatkan layanan menjadi 24 jam menyala, diperlukan tambahan mesin
-Mesin yang dibutuhkan dengan total kapasitas 1 mw (2x@500 kw atau 1x1.000 kw)
-Upaya Burhanuddin itu berhasil setelah melobi Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM
-Burhanuddin juga beberapa kali sowan ke PT PLN Persero Unit Induk wilayah Sulselrabar

2.Aspal Jalan di Kabaena
-Selama belasan tahun, jalan-jalan di Pulau Kabaena tak tersentuh aspal
-Burhanuddin berhasil mewujudkan impian warga Kabaena menikmati jalan beraspal
-Ruas jalan di Sikeli yang menghubungkan Kec.Kabaena Barat-Kabaena Utara teraspal
-Burhanuddin menggelontorkan dana Rp70 miliar dari APBD dan APBN
-Tahap pertama, Rp35 miliar dari APBD murni Bombana
-Ada anggaran Inpres dari pemerintah pusat sekira Rp27 miliar

3.One Village One Product
-Burhanuddin mencetuskan program One Village One Produk (OVOP)/1 desa 1 produk
-Program itu bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Bombana
-Masyarakat dapat memperkuat potensi ekonomi desa dan menciptakan lapangan kerja
-Dalam program OVOP, 1 desa bakal dapat Rp50 juta pada tahun 2024
-Dana Rp50 juta per desa itu di luar Dana Desa (DD)

4.Klinik Khusus Stunting
-Burhanuddin mendirikan klinik anak khusus stunting
-Langkah itu sebagai upaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Bombana
-Disiapkan tenaga profesional dan layanan gratis di klinik
-Terobosan Gerakan Aksi Olahan Dapur Sehat Atasi Stunting (Gerobak Dashat)
-Gerakan Bapak dan Bunda asuh stunting oleh OPD

5.Lainnya
-Burhanuddin membawa Bombana masuk dalam nominasi award pengendali inflasi terbaik tingkat nasional tahun 2023
-Meluncurkan program 1 hektare 1 OPD
-Menjadikan Bombana sebagai surga investasi

  • Bagikan