Bank Sultra : Penyaluran Dana CSR Sesuai Prosedur

  • Bagikan
Bank Sultra
Bank Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bank Sultra telah menunaikan kewajibannya melalui penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat. Humas Bank Sultra, Wa Ode Nurhuma mengungkapkan, dana CSR disalurkan sesuai prosedur perbankan. Namun ia tak menampik jika pasca proses penyalurannya terdapat beberapa masukan dari lembaga pengawas (BPK).

ini (laporan) merupakan proses pertanggung jawaban kami, yang kondisinya kini telah terkonfirmasi oleh Bank Sultra kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” ujar Wa Ode Nurhuma, kepada Kendari Pos, Selasa (21/11/2023).

Ia mengungkapkan, Bank Sultra setiap tahunnya menyalurkan CSR kepada masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Sultra yang dilakukan berdasarkan pedoman CSR Bank Sultra melalui mekanisme nontunai.

Menurut Wa Ode Nurhuma, sejalan dengan komitmen Bank Sultra yang setiap tahun menyiapkan anggaran untuk penyaluran CSR pada kabupaten kota se Sultra, juga dibarengi dengan kegiatan pengawasan oleh sejumlah lembaga berkompeten, termasuk BPK.

Dalam melaksanakan pemeriksaan terkait dengan penyaluran CSR disepanjang tahun 2021 hingga periode Juni tahun 2022, BPK mengungkapkan jika dari hasil pemeriksaan diketahui objek CSR yang dibiayai melalui Bank Sultra telah disalurkan sesuai dengan proposal yang diajukan. Namun dari sisi administrasi belum lengkap sebagai laporan pertanggungjawaban.

“Belum lengkapnya itu, karena saat pemeriksaan oleh BPK, masih terdapat beberapa laporan yang belum diserahkan oleh kantor-kantor Bank Sultra yang berada di sejumlah kabupaten kota ke Kantor Pusat Bank Sultra, sehingga BPK merekomendasikan kepada Bank Sultra untuk melengkapi laporan pertanggungjawaban penyaluran CSR yang telah diberikan di 11 kabupaten kota di Sultra, termasuk CSR yang disalurkan ke 3 daerah di luar Provinsi Sultra melalui Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) terkait bantuan bencana alam ,” jelas Wa Ode Nurhuma.

Dia melanjutkan, penyaluran CSR yang kurang lengkap administrasinya sebesar Rp2,2 miliar kini kondisinya telah lengkap dan telah terkonfirmasi.

“Bank Sultra telah melengkapi administrasi berupa Laporan Pertanggungjawaban CSR senilai Rp 2,2 miliar tersebut dan telah diserahkan kepada BPK per tanggal 30 Juni 2023 sesuai dengan periode pemutakhiran tindak lanjut (PTL) sesuai arahan BPK,” ungkap Wa Ode Nurhuma.

Dia menjelaskan, terkait CSR tersebut merupakan suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh Bank Sultra, sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan. Bentuknya dapat berupa kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan.

Selain itu, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, dan bantuan untuk membangun fasilitas umum yang berguna untuk masyarakat banyak.

“Tujuan Bank Sultra menyediakan dana CSR yakni suatu cara untuk membina hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitar wilayah kerja Bank Sultra melalui penyaluran CSR ini,” kata Wa Ode Nurhuma.

“Termasuk bagaimana menciptakan pembangunan yang berkelanjutan untuk perusahaan melalui program CSR yang terkelola dengan baik. Serta memberikan manfaat bagi Bank sehingga pemberian CSR secara tidak langsung dapat menjadi sarana promosi bagi Bank Sultra serta dapat meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dan Bank juga memiliki andil yang berarti bagi perwujudan kesejahteraan masyarakat,” sambung Wa Ode Nurhuma.

Wa Ode Nurhuma juga menambahkan, kinerja Bank Sultra posisi September 2023, dimana total kredit tercapai sebesar 103 persen atau Rp8,8 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp8,5 triliun. Selain itu, total Dana Pihak Ketiga (DPK) tercapai sebesar 104 persen atau Rp9,6 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp9,2 triliun.

Dari sisi aset, Bank Sultra juga melampaui dari target. Total aset tercapai sebesar 108 persen atau Rp12,6 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp11,5 triliun.

“Bank Sultra tidak pernah berhenti untuk terus tumbuh dan berkinerja dengan baik, sehingga kedepan tidak pernah berhenti juga memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan masyarakat. Tentu untuk mencapainya, dibutuhkan kepercayaan tinggi dari masyarakat Sultra,” pungkas Wa Ode Nurhuma. (ags/b)

  • Bagikan

Exit mobile version