Surunuddin Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur

  • Bagikan
TINGKATKAN KUALITAS : Pose bersama peserta terbaik PKA angkatan XI tahun 2023. Delapan orang diantaranya merupakan ASN lingkup Pemkab Konsel. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
TINGKATKAN KUALITAS : Pose bersama peserta terbaik PKA angkatan XI tahun 2023. Delapan orang diantaranya merupakan ASN lingkup Pemkab Konsel. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komitmen Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas, dibuktikan. Terbaru, ada 31 Abdi Negara di lingkup Pemkab Konsel yang telah menuntaskan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan XI. Program itu bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tenggara.

“SDM ASN yang berkualitas pasti sangat mendukung terwujudnya program pembangunan dan kelancaran roda pemerintahan. Olehnya itu, kita dorong terus peningkatannya,” ungkap Surunuddin, Senin (13/11).

Diketahui PKA angkatan XI itu diikuti 40 peserta. 31 orang dari Konsel, lima asal Konawe, dua dari Kota Baubau, dam masing-masing satu utusan Kabupaten Buton Selatan dan Kota Kendari. Mereka mengikuti kelas yang digelar Pemkab Konsel. Delapan dari sepuluh peserta terbaik berasal dari Pemkab Konsel, satu dari Kota Kendari dan lainnya duta Kabupaten Konawe.

Surunuddin menegaskan, pihaknya akan terus mewujudkan ASN Pemkab Konsel yang profesional, inovatif, akuntabel, kompetitif dan religius. Terutama kualitas kompetensi dan inovasi bagi mereka yang duduk pada posisi pimpinan. Jadi bukan hanya ASN pada level bawah saja, tetapi pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memahami betul Tupoksinya. Sehingga apa yang menjadi kewajibannya dapat dilakukan sebaik mungkin. Terutama dalam melayani kepentingan masyarakat.

“Pemkab Konsel terus mendorong pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya aparatur. Dari segi pendidikan, ASN diberi peluang melanjutkan pendidikan sampai jenjang lebih tinggi dengan pemberian tugas belajar dan bantuan penyelesaian studi, baik jenjang S1, S2, S3 maupun program profesi. Kemudian dari sisi pelatihan, sesuai aturan setiap PNS berhak mendapatkan pengembangan kompetensi. Makanya kami memfasilitasi dan melaksanakan pengembangan melalui pelatihan,” jelas Surunuddin.

Sementara itu Kepala BPSDM Provinsi Sultra, Syahruddin Nurdin, saat menutup pelatihan itu menjelaskan, tujuan PKA sesuai peraturan Lembaga Administrasi Negara RI nomor 6 tahun 2022 adalah untuk mengembangkan kompetensi manajerial jabatan struktural. “Itu demi terwujudnya ASN yang memiliki kompetensi kepemimpinan sesuai dengan persyaratan jabatan administrasi. Juga dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Konsel, Pujiono, menambahkan, pelatihan tersebut untuk mendukung program dan komitmen bupati dalam mewujudkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Dengan peningkatan kualitas sumber daya aparatur, pelayanan berbasis elektronik dan mendukung terwujudnya Konsel hebat berbasis teknologi,” tandas Pujiono.

Untuk diketahui, 10 peserta terbaik PKA angkatan XI tahun 2023 tersebut adalah dr. Jemmy Jusuf, dr. Hasmirah, M. Kes, Sry Yuningsih, S. Sos., M.Si, Bayu Lazuardi, ST., MAP, Halik Sondeng, SE, Muh. Sawal B., S. Si, Ashabul Anaopa, S. Si, MAP, Hanibal, ST, Ilham Hilal, S. Kep., M. Kes, dan Asnur Anwar Hamzah, SE., MM. (b/ndi)

  • Bagikan