Wawasan Kebangsaan Jaga Generasi Muda

  • Bagikan
PROTEKSI GENERASI : Sejumlah siswa SMA/SMK sederajat ketika mengikuti sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan yang dihadiri Kepala Kesbangpol Kolaka, Salamansyah, kemarin. (ZULFADLY NUR ZY/KENDARI POS)
PROTEKSI GENERASI : Sejumlah siswa SMA/SMK sederajat ketika mengikuti sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan yang dihadiri Kepala Kesbangpol Kolaka, Salamansyah, kemarin. (ZULFADLY NUR ZY/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini adalah arus informasi dan teknologi yang semakin bebas serta terbuka. Keadaan ini dapat membuat tergerusnya nilai-nilai kebangsaan dengan banyaknya informasi akan paham-paham yang bertentangan dengan ideologi pancasila serta nilai-nilai nasionalisme.

“Akibat yang mungkin saja ditimbulkan dari kondisi tersebut adalah semakin meningkatnya sikap apatis dan individualis para generasi muda. Mereka akan sangat mudah terjerumus dalam pergaulan yang salah seperti Narkoba, tawuran antar sekolah, juga hilangnya rasa hormat kepada guru dan orangtua,” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kolaka, Salamansyah, saat membawakan sambutan pada acara sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan tingkat SMA/SMK sederajat di Aula Sasana Praja, Selasa (7/11).

Salamansyah berharap, melalui kegiatan sosialisasi tersebut, maka rasa nasionalisme dalam diri para generasi muda akan semakin kuat. Sehingga kedepan dapat melahirkan sikap bela negara yang tinggi, juga mampu mendorong kemajuan bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Kolaka.

“Mempelajari wawasan kebangsaan ini tentunya bertujuan memberi pemahaman pemahaman tentang bangsa Indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan. Hal ini juga sejalan dengan visi Pemkab Kolaka, menjadikan daerah ini semakin maju, berkeadilan, dan sejahtera,” tutur mantan Kadis Pendidikan Kolaka itu.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti ratusan siswa yang berasal dari berbagai SMA/SMK yang ada di Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dan memberikan materi kepada para peserta tentang wawasan kebangsaan. (c/fad)

  • Bagikan