Melahirkan Mahasiswa Tangguh

  • Bagikan

--Rektor Unilaki Apresiasi Dukungan Bupati Konut, Dr.Ruksamin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Lakidende (Unilaki) di Kabupaten Konawe dalam kendali Rektor Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS menciptakan mahasiswa tangguh melalui progam Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sejak 26 September hingga 6 November 2023, 216 mahasiswa Unilaki mengikuti program KKN reguler angkatan X di 22 desa di Kecamatan Asera dan Oheo, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Ratusan peserta KKN dari 6 fakultas itu diterima dengan terbuka oleh Bupati Konut, Dr.Ir.H. Ruksamin, S.T.,M.Si.,IPU.,ASEAN.Eng, Selasa (26/9/2023). Penarikan mahasiswa KKN dari lokasi pada Senin (6/11/2023) di Kecamatan Asera dan Kecamatan Oheo.

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS mengapresiasi dukungan Bupati Konut Dr.Ruksamin terhadap mahasiswanya selama KKN di Konut. Sang bupati memberikan bantuan sekitar Rp5 juta setiap posko KKN mahasiswa.

Bupati Konut, Dr.Ruksamin (di podium) saat menerima mahasiswa KKN Unilaki di aula Konasara Kantor Bupati Konut, Selasa (26/9/2023).

"Bahkan Bupati Dr.Ruksamin menginstruksikan Dinas Ketahanan Pangan untuk mendampingi mahasiswa KKN Unilaki dalam menjalankan Program Pemanfaatan Kebun dan Pekarangan (PPKP)," ujar Rektor Prof.Hj Rostin, kepada Kendari Pos, Selasa (7/11/2023), kemarin.

Kegiatan KKN oleh ratusan mahasiswa Unilaki itu sudah tuntas dan penarikan digelar Senin (6/11/2023). "Secara khusus kami mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Bupati Dr.Ruksamin. Demikian pula kepada camat dan kepala desa. Kami mohon maaf atas hal-hal yang kurang berkenan dari pelaksanaan KKN ini, terutama anak-anak mahasiswa KKN selama berada di lokasi," ungkap Rektor Prof.Hj Rostin, kemarin.

Bupati Konut, Dr.Ruksamin (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Rektor Universitas Lakidende (Unilaki) Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (2 dari kanan) usai penerimaan mahasiswa KKN Unilaki di aula Konasara Kantor Bupati Konut, Selasa (26/9/2023).

Dalam melahirkan mahasiswa tangguh, Rektor Unilaki Prof.Hj Rostin, menerjunkan mahasiswanya dalam PPKP. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penyesuaian kegiatan KKN terhadap program Pemkab Konut dalam komando Bupati Dr.Ruksamin sebagai implementasi pengendalian inflasi.

Dalam program PPKP itu, mahasiswa menanam beragam komoditas bahan pangan ditanam yang sebagiannya kerap kali menjadi pemicu inflasi. Sebut saja, cabai merah, bawang merah, terung ungu, kacang panjang, sawi, tomat dan bayam.

Mahasiswa KKN Unilaki di Desa Amorome, Kec.Asera, Kab.Konut memanen hasil Program Pemanfaatan Kebun dan Pekarangan (PPKP).

"Kami menyesuaikan kegiatan KKN mahasiswa dengan program Pemkab Konut yakni PPKP. Namun itu hanya salah satu kegiatan mahasiswa KKN di lokasi. Masih ada kegiatan peserta KKN lainnya, seperti program kerja prioritas, program kerja bersama per fakultas atau program studi dan ada pula program kerja yang bersifat mandiri," jelas Rektor Prof.Hj.Rostin didampingi Dekan Fakultas Hukum Unilaki Dr.Handrawan dan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Dr.Rola Pola Anto, S.Pd.,M.Si.

Kendati setiap fakultas memiliki program kerja sendiri dalam KKN itu, namun setiap posko KKN mesti menunaikan program PPKP di lokasinya. "Mahasiswa juga melibatkan masyarakat dalam kegiatan PPKP di lokasi KKN. Setiap posko menggarap lahan PPKP mulai 1 sampai 2 are. Bahkan ada yang sampai 6-7 are lahan," tutur Rektor Prof.Hj.Rostin.

Pemerintah Kecamatan Oheo bersama mahasiswa KKN Unilaki di Desa Walandawe.

Sementara itu, Bupati Konut Dr.Ruksamin mengapresiasi penempatan mahasiswa KKN Unilaki di wilayahnya. Sebab, eksistensi dan karya mahasiswa KKN di Konut membawa gerbong transfer knowledge.

Bupati Dr.Ruksamin dikenal punya komitmen kuat memajukan dunia pendidikan dan punya kepedulian tinggi terhadap perguruan tinggi.

Bupati Konut, Dr.Ruksamin (duduk depan, 7 dari kiri) dan Rektor Unilaki Prof. Dr.Hj Rostin, SE., MS (5 dari kanan) saat penerimaan mahasiswa KKN.

"Saya meyakini daerah yang didatangi kaum intelektual dan akademis maka pemimpin daerah tersebut pasti memiliki mindset mengarah pada peningkatan sumber daya manusia (SDM)," ujarnya kepada Kendari Pos, Selasa (7/11/2023), kemarin.

Bupati Dr.Ruksamin menegaskan penempatan mahasiswa KKN Unilaki di Konut yang mengolaborasikan implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar bermuara pada karya nyata yakni keberhasilan mahasiswa dalam PPKP.

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (3 dari kiri) didampingi Wakil Rektor II Unilaki Dr.Melati, SE.,M.Si (2 dari kiri) saat pelepasan mahasiswa KKN reguler angkatan X tahun 2023

"Program PPKP yang kami gencarkan mampu menjawab tantangan dalam pengendalian inflasi dan penurunan angka kemiskinan ekstrem. Hal itu merupakan atensi Presiden Jokowi bagi kepala daerah yakni pengendalian inflasi dan penurunan angka kemiskinan ekstrem," jelas Bupati Dr.Ruksamin.

Bupati Konut 2 periode itu menambahkan penempatan mahasiswa KKN Unilaki di Konut, bukan hanya bertukar pemikiran, pengalaman namun juga langsung memberikan pembelajaran seperti mengaji bagi anak-anak muslim, penyuluhan tentang UMKM yang berdampak langsung pada perputaran ekonomi di desadesa.

Bupati Konut, Dr.Ruksamin (2 dari kiri) menyerahkan bantuan uang tunai Rp5 juta untuk setiap posko KKN mahasiswa Unilaki.

"Terimakasih buat adik-adik mahasiswa KKN Unilaki atas kerja nyata untuk masyarakat Konut demi mewujudkan Konawe Utara lebih Sejahtera dan Berdaya Saing (Konasara)," ungkap Bupati Dr.Ruksamin.

Sebelumnya, Bupati Dr.Ruksamin mengatakan kehadiran kaum milenial intelektual dalam kegiatan KKN Unilaki di wilayahnya menjadi berkah tersendiri. Sebab, warganya ikut tercerahkan dengan kehadiran mahasiswa.

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (3 dari kanan) bersama Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs. Sjarif Sajang, M.Si (3 dari kiri) saat Monev di Desa Lameoru Kec.Oheo.

"Konut kini menjadi lumbung pengabdian mahasiswa dan sivitas akademika," tutupnya. (din)

Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (5 dari kiri) dan Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs. Sjarif Sajang, M.Si (4 dari kiri) saat monev hasil PPKP mahasiswa KKN di Desa Amorome, Kec.Asera.
Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (berdiri, 8 dari kiri) bersama mahasiswa KKN Unilaki tahun 2023 saat sosialisasi PPKP di Kecamatan Asera.
Penarikan mahasiswa KKN yang dihadiri Asisten III Setda Konut, La Ondjo (3 dari kanan) dan Ketua LPPM Unilaki, Dr.Jabal Arfah (2 dari kanan),Senin (6/11/2023).
Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj Rostin, SE., MS (4 dari kiri) dan Ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Ir.Drs. Sjarif Sajang, M.Si (6 dari kanan) saat monev hasil PPKP mahasiswa KKN di Desa Wawolimbue, Kec.Asera
Salah seorang mahasiswa KKN Unilaki memeriksa perkembangan tanaman di kebun PPKP Desa Walasolo, Kec.Asera
  • Bagikan