Menebar Semangat Patriotisme

  • Bagikan

-- SMAN 5 Kendari Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi semua insan untuk menebar semangat patriotisme. Itulah yang menjadi dasar bagi SMAN 5 Kendari turut menyemarakkan moment bersejarah bagi bangsa tersebut.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMAN 5 Kendari dilaksanakan lewat beberapa rangkaian kegiatan. Seperti diantaran pelaksanaan upacara yang diikuti seluruh warga sekolah. Menariknya, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat nusantara.

Kepala SMAN 5 Kendari Sofyan Masulili dalam amanatnya mengatakan, Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

"Hari Sumpah Pemuda juga menjadi momentum penyatuan visi kebangsaan yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia," kata Sofyan Masulili.

Lanjut Sofyan, saat ini pemerintah telah membuka luas partisipasi generasi muda yang hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

"Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional," kata Sofyan.

Sofyan menambahkan, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. "Oleh karena itu, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi," ungkapnya.(ags/b)

  • Bagikan

Exit mobile version