PLP Tingkatkan Pengalaman Mahasiswa

  • Bagikan
Foto bersama Wakil Dekan II FKIP UHO, Dr. Mustamin Anggo (empat dari kanan) usai mengantar mahasiswa PLP di SMAN 2 Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Foto bersama Wakil Dekan II FKIP UHO, Dr. Mustamin Anggo (empat dari kanan) usai mengantar mahasiswa PLP di SMAN 2 Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tingkatkan pengalaman, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) melaksanakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di SMAN 2 Kendari yang akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Wakil Dekan II FKIP UHO, Dr. Mustamin Anggo, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh mahasiswa.

"Pengenalan lingkungan sekolah di SMAN 2 Kendari ini, akan diikuti oleh 6 mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia yang mana mereka akan melaksanakan selama kurang lebih 1 bulan," ujarnya.

Mustamin Anggo menjelaskan, bahwa dalam PLP mahasiswa akan melakukan observasi semua kegiatan yang ada di sekolah. "Kegiatan ini mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengajar, mereka hanya akan mendampingi guru pada saat mengajar di kelas-kelas. Dengan kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa kami," terangnya.

Ia juga menuturkan, bahwa setiap mahasiswa semester lima wajib memprogram mata kuliah PLP. "Mahasiswa semester lima, sudah harus menyelesaikan 100 SKS. Secara teori sebenarnya mereka sudah punya banyak ilmu. Hanya saja dalam kegiatan kali ini mahasiswa belum diberikan kewenangan untuk mengajar," ungkapnya.

Melalui PLP, mahasiswa diharapkan dapat belajar langsung apa-apa yang terjadi di kelas. Sehingga ketika lulus mereka sudah tidak bingung lagi ketika mengajar. "Jadi sebelum menyelesaikan pendidikan, mereka sudah mempunyai wawasan sudah terbentuk dan cukup sebagai modal, ketika turun langsung di lapangan," harapnya.

Terakhir, Mustamin Anggo, menambahkan, dengan PLP mahasiswa mampu program dan menerapkan ilmu teoritis selama yang didapatkan selama di kuliah. "Tentu dengan PLP ini diharapkan mahasiswa kami mampu menerapkan ilmu yang didapatkan secara teoritis di bangku kuliah. Selain itu, sekolah dengan kampus dapat menjalin keberlanjutan mitra dan berharap kepada seluruh mahasiswa untuk memberikan kesan baik di tempat masing-masing selama pelaksanaan PLP," tandasnya. (win/b)

  • Bagikan