Lima Kecamatan Dapat “Rapor Merah”

  • Bagikan
Ridwansyah Taridala
Ridwansyah Taridala

--Kendari Bidik Predikat Utama KLA 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Langkah Kendari menggondol Kota Layak Anak (KLA) predikat utama masih perlu kerja keras. Dari hasil evaluasi, masih ada lima kecamatan yang mendapat rapor merah terkait pemenuhan hak anak. Lima kecamatan yang memiliki rapor merah yakni Abeli, Mandonga, Wua-wua, Kendari Barat dan Nambo.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala meminta kecamatan yang masih kategori merah segera melakukan konsolidasi internal dan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP3A) untuk melengkapi persyaratan agar bisa menaikan statusnya menjadi kuning atau hijau.

“Belajar komparasi ke Kendari, Baruga dan Kadia apa yang sudah dilakukan di sana. Kan dari tahun ke tahun kita sudah dikasi tahu kantor kita harus ramah anak, indikator ramah anak di kantor kita itu apa? jangan sampai masih banyak asbak rokok, puntung rokok terhambur," ujar Sekot usai rapat evaluasi di Balai Kota Kendari kemarin.

Ridwansyah meminta kecamatan dan kelurahan yang masih berstatus merah untuk melengkapi fasilitas berdasarkan indikator ramah anak dan berdasarkan klaster yang sudah ditetapkan.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari Fitriani Sinapoy berharap, camat dan lurah harus mengetahui hak anak dan kategori kelurahan atau kecamatan ramah anak.

"Kita sekarang posisinya di Nindya kita kemarin sudah hampir 800 hanya masih ada beberapa poin yang belum terpenuhi sehingga masih bertahan di nindya," ungkapnya.

Fitriani optimis dengan kerja keras semua pihak terkait Kota Kendari bisa mendapatkan poin diatas 800 agar Kota Kendari bisa meraih Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama. (b/ags)

Kecamatan dapat Rapor Merah
-Abeli
-Mandonga
=Wua-wua
-Kendari Barat
-Nambo

Rekomendasi
-Lengkapi Fasilitas Indikator Ramah Anak
-Camat dan Lurah harus Paham Hak Anak
-Kejar Kategori Kelurahan atau Kecamatan ramah anak

Kendari Predikat Nindya
Poin di Atas 800 untuk Predikat Utama
Poin Kendari sudah Hampir Capai 800

  • Bagikan

Exit mobile version