Skuadron Penerbad Pertama di Sultra

  • Bagikan
Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman (kiri) disambut Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (2 dari kiri) dan Kepala Kejati Sultra Dr.Patris Yusrian Jaya (kanan) di Bandara Halu Oleo, Selasa (10/10/2023).
Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman (kiri) disambut Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (2 dari kiri) dan Kepala Kejati Sultra Dr.Patris Yusrian Jaya (kanan) di Bandara Halu Oleo, Selasa (10/10/2023).

--Kasad Jenderal TNI Dudung: Pembangunan Penerbad Stimulasi Ekonomi Daerah
--Ruksamin Bupati Pertama Datangkan Kasad

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Konawe Utara (Konut) Dr.Ruksamin mungkin bupati pertama dan satu-satunya bupati di Sultra yang mendatangkan Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman di wilayahnya. Kasad Jenderal TNI Dudung menjenjak Konut, Selasa (10/10/2023). Orang nomor 1 di TNI Angkatan Darat (TNI AD) itu meninjau lokasi persiapan pembangunan skuadron Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) pertama di Sultra.

Di Bandara Halu Oleo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman disambut Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, Kepala Kejati Sultra Dr. Patris Yusrian Jaya, Pj Wali Kota Kendari Asmawa, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga dan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan.

Turut menyambut Kasad yakni Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Danrem 143 HO Brigjen TNI Ayub Akbar, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, Danlanud HLO Kolonel Pnb Antonius Adi Nur Wahyono, dan Komandan Yonif 725 / Woroagi Letkol Syafruddin Mutasidasi.

Usai istirahat sejenak, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman terbang menggunakan helikopter menuju Kabupaten Konut dan meninjau lokasi pembangunan skuadron Penerbad di Desa Molore, Kecamatan Langgikima. Bupati Konut, Dr.Ruksamin telah menyiapkan lahan seluas 180 hektare

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi didampingi Bupati Dr.Ruksamin, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Danrem 143 HO Brigjen TNI Ayub Akbar, dan Dandim 1430 Konut, Letkol Kav Sofyan. Termasuk Wakil Bupati Konut Abuhaera, Sekda Konut HM Kasim Pagala.

Usai meninjau lokasi, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan pembangunan skuadron Penerbad ditarget rampung tahun 2024. Mantan Pangkostrad itu menilai lahan yang disiapkan Pemkab Konut untuk pembangunan Penerbad secara kasat mata sudah sangat layak. “Dilihat dari lokasi, ini sangat strategis kalau nanti (Penerbad) ditempatkan di sini dan akan menstimulasi perekonomian daerah sehingga lebih maju,” ujarnya.

Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman (kanan) menyimak paparan Bupati Konut Dr.Ruksamin terkait kesiapan lokasi pembangunan skuadron Penerbad di Desa Molore, Selasa (10/10/2023).

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjelaskan pihaknya akan mulai merencanakan kebutuhan materil dan personel guna pembentukan skuadron di Kecamatan Langgikima.

“Yang penting pembangunan landasan lebih dulu kita selesaikan. Setelah itu, kita siapkan personelnya. Saya minta dukungan dari masyarakat, semoga pembangunannya berjalan lancar dan pasti akan terbangun tahun 2024,” ungkap Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pembentukan skuadron Penerbad di Konut itu tak lepas dari kerja keras Pemkab Konut yang dipimpin Bupati Dr.Ruksamin. Bupati Konut 2 periode itu tercatat sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait sebagai bentuk keseriusannya agar skuadron Penerbad dibangun di wilayahnya.

Bupati Dr.Ruksamin mengatakan telah menyiapkan lahan seluas 180 hektare untuk kepentingan pembentukan landasan pesawat terbang tersebut. Lokasi itu masuk dalam wilayah Desa Molore dengan status lahan Areal Penggunaan Lain (APL). Yang berarti tidak masuk dalam kawasan hutan.

Dia menyebut lahan yang disiapkan berada dekat dengan fasilitas umum seperti Puskesmas dan pasar. Bupati Dr.Ruksamin menilai pembangunan skuadron Penerbad akan meningkatkan ekonomi masyarakat Konut dan Sultra. “Kami siap menunggu perintah. Kami sangat berharap bisa ditempatkan pembangunannya di Konut,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Komando Resor Militer (Kapenrem) 143/Halu Oleo (HO), Lettu Inf Rusmin mengatakan pembangunan skuadron Penerbad itu bertujuan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan wilayah yang menjangkau area Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III. “Karena Kabupaten Konut berdekatan dengan ALKI,” ujarnya.

Di sisi lain, pembangunan skuadron Penerbad memudahkan pemerintah dalam hal berkoordinasi dan pengamanan TNI sebagai pertahanan negara. “Dengan begitu, prajurit TNI selalu siap dimobilisasi untuk meredam situasi khususnya di wilayah perbatasan tersebut,” kata Lettu Inf Rusmin.

Lettu Inf Rusmin menyebut kedatangan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Letjen TNI Alfred Denny Djoike, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto, Asisten Intelijen (Asintel) Kasad Mayjen TNI Arief Jaka Tandang dan Asisten Logistik Kasad Mayjen TNI Hari Arif Wibowo.

"Besok (hari ini,red) Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memberikan pengarahan di Makorem 143 HO Kendari dan berkunjung ke Markas Komando Yonif 725 Woroagi. Setelah itu akan bertolak kembali ke Jakarta,” tandas Lettu Inf Rusmin. (ali/kam/c)

KASAD KUNKER DI SULTRA

BUPATI KONUT
-Bupati Konut Dr.Ruksamin mungkin bupati pertama dan satu-satunya di Sultra yang mendatangkan Kasad Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman di wilayahnya. -Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjenjak Konut, Selasa (10/10/2023)
-Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi persiapan pembangunan skuadron Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) pertama di Sultra

LOKASI STRATEGIS
-Skuadron Penerbad akan dibangun di Desa Molore, Kec.Langgikima
-Bupati Konut, Dr.Ruksamin menyiapkan lahan seluas 180 hektare
-Kasad Jenderal TNI Dudung menilai lahan lokasi Penerbad sangat layak dan strategis
-Kasad Jenderal TNI Dudung memastikan pembangunan Penerbad pada tahun 2024
-Dengan adanya Penerbad nanti akan menstimulasi ekonomi daerah

PENERBAD
-Kasad Jenderal TNI Dudung mulai merencanakan kebutuhan materil dan personel
-Kebutuhan itu guna pembentukan skuadron di Kecamatan Langgikima
-Yang penting pembangunan landasan lebih dulu diselesaikan
-Setelah itu, disiapkan personelnya
-Kasad Jenderal TNI Dudung meminta dukungan masyarakat agar pembangunan Penerbad berjalan lancar

DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan