APBD-P Mulai Diasistensi, OPD Diminta Proaktif

  • Bagikan
APBD-P : Suasana rapat asistensi pra rencana kerja anggaran perubahan tahun 2023 pada OPD lingkup Pemkab Koltim. (KUSDIN/KENDARI POS)
APBD-P : Suasana rapat asistensi pra rencana kerja anggaran perubahan tahun 2023 pada OPD lingkup Pemkab Koltim. (KUSDIN/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Draft anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2023 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), mulai diasistensi. Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta proaktif dalam tahapan tersebut. “APBD-P mulai kita bahas pada setiap OPD. Setelah selesai, kita akan sampaikan ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” kata Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Senin (4/9).

Ia mengungkapkan, sampai kini Pemkab masih fokus melakukan asistensi item anggaran perubahan tersebut agar segara tuntas. Mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman itu mengaku, tahapan pembahasan APBD-P hingga ditetapkan nanti, diupayakan tuntas secepatnya. Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Koltim ini mengatakan, pada perubahan anggaran akan dilihat hal-hal prioritas yang bisa diselesaikan pada sisa waktu yang ada. Menurut Andi Muh. Iqbal Tongasa, pergeseran anggaran masih perlu pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Serapan anggaran harus dipercepat dan OPD mesti mengikuti proses asistensi, biar ketahuan capaian sekarang hingga kedepannya. Mudah-mudahan bisa secepatnya selesai asistensi dan pembahasan, agar APBD-P dapat ditetapkan sesegera mungkin,” tandas Andi Muh. Iqbal Tongasa. (c/kus)

  • Bagikan