PAN Bidik Menang Hat-Trick Pemilu

  • Bagikan

--Pengamat : PAN Memiliki Kader Hebat, Berjaya dalam 1 Dekade

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sudah 2 periode kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sultra bertakhta di kursi Ketua DPRD Sultra. Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, kader PAN "menguasai" kursi pucuk pim pinan DPRD Sultra. DPW PAN Sultra dalam kendali Ketua Umum Abdurrahman Shaleh bertekad mencetak hat-trick (3 kali berturut-turut) pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024. PAN Sultra ingin mencukupkan 3 kali menang Pileg agar kursi ketua DPRD kembali di tangan kadernya.

Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) DPW PAN Sultra, Sukarman AK mengaku optimistis partainya akan memenangkan Pemilu 2024 dan bakal menduduki pimpinan DPRD sebagaimana Pemilu 2019 dan 2014. "In Sya Allah kami akan kembali menduduki kursi Ketua DPRD Provinsi Sultra," ujar Sukarman kepada Kendari Pos, Minggu (20/8), kemarin.

Tekad yang terlanjur membaja itu, membuat DPW PAN Sultra terus mematangkan persiapan memenangkan Pemilu 2024. Pada pertarungan Pileg DPRD Provinsi Sultra, PAN menurunkan 45 "pendekarnya" sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg). Puluhan "jagoan" PAN itu tersebar di 6 Dapil di Sultra. Mereka sudah sangat siap bertarung.

Sukarman menjelaskan, pada Pemilu 2014, partainya meraih 9 kursi. Lalu pada Pemilu 2019, PAN hanya dapat mengoleksi 8 kursi. Kendati demikian, kursi pimpinan DPRD tetap berada dalam genggaman PAN.

"Pada Pemilu 2024, kami target merebut 9 kursi. Dengan komposisi 9 kursi itu, maka PAN dapat mengusung mandiri figur di Pilgub 2024. Kader yang didorong bertarung telah siap maksimal untuk bekerja keras mewujudkan misi tersebut," kata Sukarman.

Untuk mengulang kembali kemenangan di kancah Pemilu 2024, PAN menurunkan kader-kader hebatnya. Dari 8 kader PAN di DPRD Sultra, 6 petahana (incumbent) kembali bertarung di arena Pileg DPRD Sultra. Sedang 2 petahan lainnya beralih tarung di Pileg DPR RI. Keduanya adalah Abdurrahman Shaleh dan Titin Nurbaya Saranani.

Dapil I (Kota Kendari) yang ditinggalkan Abdurrahman Shaleh diisi Sukarman bersama figur lainnya yang kompeten dan berpengalaman. Sementara di Dapil 6 (Konawe, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan) yang ditinggalkan Titin Nurbaya Saranani karena tampil di
DPR RI diisi kader PAN lainnya.

"Salah satu penggantinya terdapat saudara Ardin (Ketua DPRD Konawe, red) yang telah 4 periode duduk di DPRD Konawe. Ardin adalah figur politisi yang berpengalaman yang saat ini menjajal tarung di Pileg DPRD Sultra," jelas Sukarman.

Sementara dari aspek kekuatan infrastruktur atau komposisi kepengurusan, senantiasa terupdate sampai ranting di 2.200 desa se-Sultra, sebanyak 95 persen personel PAN sudah tersedia. Kemudian kesiapan 7.200 saksi di 8 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 17 kabupaten/kota se-Sultra. "Target kami, pada akhir September 2023 sudah selesai semua. Tuntas 100 persen jumlah saksi," tutur Sukarman.

Sementara itu, pengamat politik Sultra, Dr.Muh.Najib Husain, S.Sos., M.Si mengatakan, kader dan loyalis PAN di Sultra masih konsisten fanatik. Jika masih istikamah dikelola dengan baik oleh para politisi PAN, maka kekuatan tersebut akan menjadi modal utama memenangkan Pemilu 2024.

"Mempertahankan kemenangan hingga menduduki posisi pimpinan DPRD, bukan pekerjaan yang mudah. Namun PAN konsisten tangguh selama dua periode, 2014 dan 2019. Artinya kekuatan PAN begitu kokoh dalam memantik dan mengikat suara rakyat," kata Dr.Najib Husain kepada Kendari Pos, Minggu (20/18), kemarin.

Di tengah kegemilangan yang ditorehkan PAN, kata Dr.Najib, terdapat tantangan yang berpotensi menggembosi suara PAN yakni adanya pecahan PAN seperti partai yang digagas Amien Rais yakni Partai Ummat.

Hanya saja, kata Dr.Najib, kondisi di Sultra tidak begitu terpengaruh secara signifikan dibandingkan di wilayah Jawa. Kendari beberapa elit PAN di Sultra hijrah ke partai lain seperti Kery Saiful Konggoasa. Namun jika ditelisik secara mendalam dan menyeluruh, roh politik Kery masih bersemayam di tubuh PAN. Salah satu indikatornya adalah istri dan anak Kery masih berstatus sebagai kader PAN.

"PAN memiliki segudang kader hebat. Maka tak heran, dalam satu dekade terakhir ini, PAN konsisten berjaya. Maka bukan suatu hal tidak mungkin di Pemilu 2024 PAN bisa saja menang hat-trick," tutur Dr.Najib.

Perbandingan saat zaman kepemimpinan Nur Alam dan Abdurrahman Shaleh terdapat perbedaan dari aspek pencapaian kuantitas kursi. Meskipun hanya berbeda 1 kursi, artinya di zaman Nur Alam PAN menorehkan 9 sementara di era Abdurrahman Shaleh sejumlah 8 kursi, tidak serta merta menjadikan kekuatan PAN menurun. Pasalnya, pada Pemilu 2019 rata-rata partai politik mengalami penurunan capaian jumlah kursi dari Pemilu sebelumnya.

"Kader yang diusung PAN yang tersebar di 6 Dapil baik di wilayah kepulauan maupun daratan, rata-rata politisi senior atau telah lama berkecimpung di panggung politik. Artinya mereka pasti ramah dengan rakyat," tutup Dr.Najib. (ali/b)

TEKAD MENGULANG SUKSES

2 PERIODE BERJAYA
-Sudah 2 periode kader PAN Sultra bertakhta di kursi Ketua DPRD Sultra
-Pemilu 2014 dan 2019, PAN "menguasai" kursi pucuk pimpinan DPRD Sultra
-DPW PAN Sultra bertekad mencetak hat-trick (3 kali berturut-turut) pada Pileg 2024
-PAN Sultra ingin mencukupkan 3 kali menang Pileg agar kursi ketua DPRD kembali di tangan kadernya

PAN OPTIMISTIS MENANG
-PAN Sultra optimistis akan memenangkan Pemilu 2024
-PAN Sultra optimistis menduduki pimpinan DPRD seperti 2014 dan 2019
-PAN mematangkan persiapan memenangkan Pemilu 2024
-PAN menurunkan 45 "pendekarnya" sebagai bacaleg
-Puluhan "jagoan" PAN itu tersebar di 6 Dapil di Sultra

TARGET KURSI
-Pemilu 2014, PAN meraih 9 kursi
-Pemilu 2019, PAN hanya dapat mengoleksi 8 kursi
-Namun, kursi Ketua DPRD tetap dalam genggaman PAN
-Pada Pemilu 2024, PAN target merebut 9 kursi
-Dengan raihan itu, PAN dapat kursi ketua dan mengusung figur di Pilgub 2024

PENGAMAT
-Pengamat menilai kader dan loyalis PAN Sultra masih fanatik
-Jika istikamah dirawat PAN, kekuatan itu modal menang Pemilu 2024
-PAN tangguh selama 2 periode, 2014 dan 2019
-Itu artinya kekuatan PAN kokoh dalam mengikat suara rakyat
-PAN memiliki segudang kader hebat dan berjaya dalam 1 dekade
-Bukan tidak mungkin, PAN menang hat-trick di Pemilu 2024

SUMBER : PAN SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan