Mengenal Bennu Sorumba, Make Up Artist Papan Atas Kelahiran Konsel

  • Bagikan
Benu Sorumba (kiri) bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi (tengah) di Istana Negara sebelum upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis 17 Agustus 2023. (IST)
Benu Sorumba (kiri) bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi (tengah) di Istana Negara sebelum upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis 17 Agustus 2023. (IST)

--Merias Ibu Negara Iriana Jokowi, Dikawal Protokoler Istana dan Ajudan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin upacara detik-detik peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, 17 Agustus 2023 didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Di podium kehormatan Istana Merdeka, Ibu Negara Iriana Jokowi tampil memesona dan elegan. Aura kharismatik terpancar dari wajah first lady, Iriana Jokowi.

Laporan: HASRUDDIN LAUMARA & KAMALUDDIN

Karya Bennu memoles wajah ibu negara menyita perhatian seluruh rakyat Indonesia dilayar televisi kala kamera mengarah ke podium kehormatan Istana Merdeka. Dibalik performa Ibu Negara Iriana yang paripurna, ada sentuhan tangan terampil yang polesannya begitu apik, dan natural.

Adalah tangan sang Make Up Artist (MUA), Bennu Sorumba yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi tampil menawan. Siapa Benu Sorumba sebenarnya? Sosok bernama asli Juanda Hasid Sorumba itu adalah putra daerah asal Sultra. Benu Sorumba lahir di Desa Benua, Kecamatan Angata, kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Sosok pria sederhana dan friendly itu bertransformasi menjadi MUA papan atas. Namanya berkibar di kalangan artis papan atas sekaliber Agnez Mo, Rossa, Syahrini, Mulan Jamila dan Krisdayanti. Kepiawaiannya merias wajah artis beken membuat nama Benu wira-wiri di kalangan selebritis nasional. Hingga nama dan keahlian pria kelahiran 6 Maret 1982 itu terdengar kalangan Istana Negara.

Sang Make Up Artist (MUA), Bennu Sorumba (kiri) saat merias Ibu Negara Iriana Jokowi.

Tangan terampil Bennu juga pernah merias wajah putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. Alumni SMKK (kini SMKN 3 Kendari,red) itu mengaku pernah merias putra Presiden Kaesang Pangarep saat menikah dengan Erina Gudono.

Sang MUA, Benu menuturkan Jalannya terbuka lebar menuju lstana Negara berawal dari putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. Pada Maret 2023, Bennu dihubungi Kahiyang Ayu yang memintanya make-up untuk kegiatan upacara HUT RI, 17 Agustus 2023.

“Tapi kala itu, ibu Kahiyang tidak bilang kalau yang akan dimake-up adalah ibu negara. Jadi aku mikir make up itu hanya untuk ibu Kahiyang yang akan menghadiri upacara HUT ke-78 RI," ujar Benu kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon, Jumat (18/8), kemarin.

Putra bungsu dari pasangan Hasid Sorumba dan Jamala ini menuturkan, 4 hari sebelum upacara HUT RI, ia mendapat telepon dari staf Kepresidenan bahwa ia diminta oleh ibu Iriana Jokowi untuk menjadi juru make-up. "Saat dihubungi sama staf Kepresidenan, saya kaget begitu, campur deg-degan. Karena biasanya beliau punya staf khusus penata rambut dan make-up untuk kegiatan di Jakarta dan luar negeri," tutur Benu.

Dengan perasaan yang campur aduk, alumni SMPN 1 Kolono itu menerima tugas dari negara yang membanggakan itu. Melenggang masuk Istana Negara bukan perkara gampang. Benu harus mengikuti aturan protokol.

2 jam sebelum waktunya merias, Benu sudah berada di Istana Negara. Lalu, melewati proses pemeriksaan secara ketat. "Saya difasilitasi 2 orang Protokoler khusus Istana dan 2 orang ajudan ibu negara. Saya diberi waktu 1 jam merias Jadi saya datang sekira pukul 01.00 WIB dini hari. Karena harus disterilkan dan diperiksa terlebih dahulu. Saya datang ke istana didampingi 2 orang tim saya, namun yang boleh masuk di ruang rias hanya 2 orang," kisah Benu.

“Tantangan bagi Benu adalah diberikan waktu merias sangat ketat. Dalam 1 jam, Benu merias ibu Iriana Jokowi dengan sentuhan natural dan harus bagus “Karena ibu negara tidak mau berlama-lama make up. Itulah tantangan saya dan harus kuat mental. Karena yang kita make-up ini adalah istri presiden. Jujur, walaupun sudah beberapa kali merias orang yang punya nama besar, tapi kali ini saya merasa gemetar. Alhamdulilah, hasilnya bagus dan memuaskan ibu negara," terang Benu.

Melihat kepuasan Ibu Negara Iriana akan karyanya, Benu mengaku bangga dan terharu. Menurutnya ini adalah sebuah kehormatan dan pencapaian tertinggi dalam kariernya didunia tata rias. "Bahagia dan bangga pokoknya campur aduk. Alhamdulillah bisa memberikan yang terbaik untuk Ibu Negara Iriana hasil yang sangat memuaskan," tuturnya haru.

Malang melintang puluhan tahun didunia makeup, Benu sukses meraih beragam penghargaan dan sertifikat. Keterampilan Benu memoles kecantikan wajah wanita ini sudah teruji. Tak hanya level artis, dan anak presiden, Benu sering mendapat kepercayaan merias anak para menteri maupun istri menteri dalam acara pemikahan atau kegiatan resmi lainnya.

Berada pada titik pencapalan saat ini, Benu merintisnya dari titik nol. “Tahun 2000, ia merantau ke Jakarta. "Saat itu, saya kerja di salon. Meskipun hanya jadi office boy (OB) dan tenaga creambath saja," tuturnya.

“Terjun di dunia tata rias bukanlah juan utamanya, yang terpenting punya pekerjaan di tanah rantau. "Ini sudah jalan petunjuk dari Allah SWT. Walaupun saya OB, saya juga belajar merias. Setiap ada kesempatan saya latihan dan belajar otodidak, akhirnya bisa," kenangnya.

Benu pun bertekad menaikkan kariernya. Ia melirik dunia akting dan mengikuti berbagai casting sinetron. Saya bertemu Key Mangungso, sutradara Sinetron Lupus. Dan saya. diminta menjadi asisten MUA di Indosiar. Di sinilah awalnya saya berkarier sebagai MUA profesional imbuhnya.

Konsistensi Benu menjadi asisten MUA, membuka jalan kariernya lebih tinggi. Dari asisten dipercaya menjadi head make-up. “Saat itu Indosiar membuat sinetron sendiri, jadi saya sebagai tim makeu-up artisnya," akunya.

Karier dan Benu pun semakin berkibar. Ia kerap mendapat kesempatan merias sejumlah bintang sinetron hingga artis beken. Mulai Agnes Mo, Krisdayanti, Rossa, Mulan Jamila hingga Syahrini. Bahkan ia juga sering mendapat orderan merias aktris diacara pesta pemikahan. “Termasuk merias pada pernikahan artis Aurel dan Ata, Lesti Kejora, dan Kiki Saputri, tutup Benu. (*)

  • Bagikan