Parinringi Gaungkan Optimisme di Hari Merdeka

  • Bagikan
PJ bupati Kulot Parinringi
PJ bupati Kulot Parinringi

--Selaraskan Tujuan Untuk Kolut Maju

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia tahun 2023 di Kolaka Utara (Kolut) berlangsung semarak. Berbagai kegiatan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat di Bumi Patowonua menyambut hari jadi bangsa ke 78 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut Irham (Songko Bone) bersama jajarannya turut ambil bagian pada pawai budaya, Rabu (16/8).

Puncak acara ditandai dengan upacara pengibaran bendera merah putih di Lasusua, Kamis (17/8). Jajaran para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, veteran, TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar hingga masyarakat hadir mengikuti seremoni detik detik proklamasi.

Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi yang menjadi inspektur upacara (Irup) menggaungkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Sebagai pelanjut tongkat estafet, sudah sepatutnya para anak bangsa bersatu mengisi kemerdekaan dengan karya dan prestasi. Semangat kesatuan dan persatuan dalam bingkai kebhinekaragaman harus terus dijaga dari unsur yang bisa memecah-belah. Sebab para pejuang telah rela berkorban harta dan nyawa demi bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan.

Kapolres Kolut AKBP Arief Irawan menjadi Irup apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kolut, Rabu (16/8).

"HUT ke-78 tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Yang mana, dimaknai sebagai cerminan semangat dan tekad bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan. Tema tersebut juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. Momentum hari kemerdekaan ini diharapkan dapat lebih memacu kinerja dalam mengimplementasikan program-program yang berorientasi pada peningkatan derajat perekonomian masyarakat," kata Parinringi kemarin.

Berbagai unsur mengikuti pawai obor yang dimulai di puncak Monapa dan finish di Taman Makan Pahlawan, Rabu (16/8).

Saat ini lanjut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini, pemerintah terus mendorong kemajuan di berbagai bidang. Sebagaimana tagline "Sambut Investasi Raih Prestasi", Pemkab Kolut berupaya mengoptimalkan potensipotensi yang dimiliki. Baik Sumber Kekayaan Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Yang mana, proses optimalisasi potensi bermuara pada peningkatan kesejahteraan seluruh rakyat Kolut secara berkelanjutan.

Pj Bupati Kolut Parinringi (dua dari kanan), Ketua DPRD Kolut Buhari (kanan) dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kolut Henderina Malo (dua dari kiri) di acara pawai budaya

"Harapan kita, Kolut akan berkembang lebih baik dari sebelumnya. Kita ingin memberikan perhatian khusus bagi potensi-potensi SDA yang kita miliki. Apalagi tema HUT kemerdekaan sejalan dengan tagline Pemkab Kolut agar terus melaju untuk Indonesia maju. Sejauh ini, kami tetap konsisten bagaimana mengembangkan potensi. Kami bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan berupaya keras membangun Kolut sehingga masyarakatnya lebih sejahtera. Mari kita sambut investasi dan raih prestasi," kata Parinringi optimis.

PJ Bupati Kolut Parinringi (depan) berpasangan dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolut Patahuddin turut serta berkompetisi pada pekan olah- raga antar OPD dan Instansi vertikal.

Usai upacara, Pj Bupati Kolut Parinringi menyerahkan bantuan pada para veteran dan menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya. Sebanyak 9 keluarga veteran yang mendapat bantuan sosial. Sementara tiga aparatur negara Pemkab Kolut dianugerahi penghargaan atas baktinya di pemerintahan masing-masing selama 10, 20 dan 30 tahun.Mereka kembali menggelar upacara penurunan bendera di lapangan Aspirasi. Puncak acara HUT kemerdekaan RI ditutup dengan malam ramah tamah di alun- alun Kota Lasusua.

Pj Bupati Kolut Parinringi (setelan putih) menyerahkan penghargaan Satlyalancana Karya Satya kepada Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kolut Muhammad Fadli usai upacara HUT kemerdekaan.

Sebelumnya, Pemkab Kolut telah menggelar pekan olahraga antar OPD dan instansi vertikal dalam menyambut HUT kemerdekaan. Kemudian dilanjutkan lomba jalan santai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan pawai budaya. Sebanyak 2.400 peserta dari berbagai unsur baik OPD, paguyuban, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan desa/kelurahan mengikuti pawai budaya. Pemkab juga menggelar taptu dan pawai obor yang dimulai dari puncak Monapa sampai di Taman Makam Pahlawan (TMP) dan dilanjutkan renungan suci. (mal)

  • Bagikan