Merawat Kekompakan Antar Instansi Pemerintah

  • Bagikan
La ode Ahmad Monianse
MZ TAMSIR TAMIM KADIS DIKBUD

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Momentum hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), tidak hanya disambut meriah oleh para pelajar. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun turut andil untuk memerahputihkan bulan kemerdekaan itu melalui ragam lomba. Seperti yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Baubau yang menggelar lomba antar instansi. Lomba itu diikuti jajaran Dikbud, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

MERAWAT KEKOMPAKAN: Kadis Dikbud Baubau, MZ Tamsir Tamim bersama jajarannya menggagas sejumlah kegiatan lomba dan melibatkan OPD lain di sekitar lingkungan kerja mereka.

"Lomba bola gotong, makan kerupuk dan joget balon. Alhamdulillah lombanya berjalan meriah karena tiga OPD di kompleks perkantoran ini semuanya ikut berpartisipasi," ungkap Kadis Dikbud Baubau, MZ Tamsir Tamim, ditemui di sela-sela kegiatan itu. Tamsir Tamim mengatakan, digelarnya lomba-lomba khas Agustusan itu sesuai arahan Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bahwa semua OPD harus menyelenggarakan kegiatan yang meriah agar nuansa kemerdekaan bisa dirasakan di mana saja.

"Arahan pimpinan, semua kita harus ada kegiatan olahraga, baik yang di kantor-kantor maupun di lingkungan. Semuanya untuk memeriahkan Agustusan ini. Karena kantor kita dekat dengan BPBD dan BKPSDM, jadi kita bergabung supaya lebih meriah lagi. " terangnya.

Lomba itu kata dia bukan untuk mencari juara atau menang kalah. Tetapi bagaimana merawat kekompakan seluruh pegawai sebagai satu kesatuan Aparatur Sipil Negara di bawah naungan Pemkot Baubau.

semua kita harus ada kegiatan olahraga, baik yang di kantor-kantor maupun di lingkungan. Semuanya untuk memeriahkan Agustusan ini. Karena kantor kita dekat dengan BPBD dan BKPSDM, jadi kita bergabung supaya lebih meriah lagi. "

"Arahan Pimpinan semua kita harus ada kegiatan olahraga, baik yang di kantor-kantor maupun di lingkungan. Semuanya untuk memeriahkan Agustusan ini. Karena kantor kita dekat dengan BPBD dan BKPSDM, jadi kita bergabung supaya lebih meriah lagi. " MZ TAMSIR TAMIM KADIS DIKBUD BAUBAU

"Yang penting semangat partisipasinya. Kita senantiasa merawat kekompakan sebagai bagian dari pelayan publik," kata mantan Asisten I Setkot Baubau itu. (mel/

--Derap Langkah Melaju, Memupuk Semangat Nasionalisme

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Buabau kembali menyelenggarakan lomba gerak jalan indah (GJI) yang diikuti Satuan Pendidikan semua tingkatan dan kategori umum. Tercatat ada 540 barisan turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Mulai dari barisan pelajar, Karang Taruna/OKP, Majelis Talim, Organisasi Wanita, OPD, Kecamatan, BUMN serta BUMD. 300 barisan diantaranya adalah pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Kadis Dikbud Kota Baubau MZ Tamsir Tamin melepas peseta GJI

Dalam setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI, lomba GJI menjadi kegiatan paling banyak mengundang perhatian dan antusias masyarakat. Warga memenuhi sepanjang rute yang dilewati regu gerak jalan untuk menyaksikan kreasi derap dan langkah peserta. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkot Baubau, La Ode Aswad, secara resmi melepas peserta GJI yang mengambil start di depan MIN 1 Baubau, jalan Bula Wambona, Sabtu (12/8) lalu. Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau itu menjelaskan, lomba GJI merupakan bentuk komitmen Pemkot Baubau dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia serta sebagai wujud penghargaan atas jasa para pahlawan.

Asisten 1 Setda Baubau LD. Aswad sebagai MC giat GJI didampingi Asisten II Setda Baubau berdialog dengan ketua TP PKK Kota Baubau WD. Nursanti Monianse disela giat GJI.

La Ode Aswad menjelaskan, rute GJI dimulai dari depan MIN 1 Baubau, melintasi jalan poros Betoambari, Tugu Kirab, terus melintasi jalan Murhum menuju Jembatan Gantung, Jalan Yos Sudarso, Pantai Kamali menuju Balai Kota dan berakhir di panggung penghormatan, jalan Jenderal Sudirman (belakang Rujab wali kota). "Dalam lomba gerak jalan ini, kita lihat semangat anak-anak begitu besar. Ini merupakan wujud kecintaan kita pada bangsa, sekaligus penghormatan atas perjuangan pahlawan kemerdekaan," kata mantan Kepala Bappeda Kota Baubau tersebut.

"Lomba gerak jalan indah wang digelar setiap tahun akan terus memupuk seman- gat nasionalisme dan rasa mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kalangan pelajar secara khusus, dan masyarakat umumnya. Ini adalah lomba yang selalu ditunggu-tunggu. Animo masyarakat baik sebagai peserta maupun penonton sangat tinggi. Hal ini akan selalu memupuk nasionalisme kita sebagai generasi bangsa yang mengisi kemerdekaan". LA ODE AHMAD MONIANSE WALI KOTA BAUBAU

PENGHORMATAN PADA PAHLAWAN : Ada 540 barisan turut ambil bagian dalam GJI. Mulai dari barisan pelajar, Karang Taruna/OKP, Majelis Talim, Organisasi Wanita, OPD, Kecamatan, BUMN serta BUMD

Sementara itu, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengatakan, lomba gerak jalan indah yang digelar setiap tahun akan terus memupuk semangat nasionalisme dan rasa mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kalangan pelajar secara khusus, dan masyarakat umumnya. "Ini adalah lomba yang selalu ditunggu-tunggu. Animo masyarakat baik sebagai peserta maupun penonton sangat tinggi. Hal ini akan selalu memupuk nasionalisme kita sebagai generasi bangsa yang mengisi kemerdekaan. Apresisasi juga perlu kita berikan kepada panitia. Kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses berkat mereka," sanjung Monianse (mel/lyn/adv)

MERIAH: Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (topi hitam) bersama deretan Forkopimda di panggung kehormatan, menerima salam dari para peserta GJI
Peserta Marching Band dari Sekolah Dasar Negeri 3 Baubau turut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.
Peserta Marching Band dari Sekolah Dasar Negeri 3 Baubau turut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.
  • Bagikan