Gelorakan Semangat Juan Pahlawan, Wujudkan Mubar “BARAKATI”

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) semarak di Kabupaten Muna Barat (Mubar). Seluruh rangkaian seremoni dirgahayu kemerdekaan itu berjalan sukses dan penuh khidmat. Oleh Pemkab Mubar, HUT ke-78 kemerdakaan RI dimaknai sebagai momentum untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Selanjutnya menggelorakan semangat juang itu dalam melaksanakan pembangunan menuju Mubar Wite “Barakati” (berahlak, religius, beradat, kekeluargaan dan inovatif ). Wite Barakati artinya tanah yang berkah.

“Sebagaimana kata Presiden RI, Ir. Soekarno bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Maka hari ini (Kamis, red) kita melaksanakan seluruh rangkaian upacara 17 Agustus dalam rangka kita menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang sehingga terjadi kemerdekaan. Sebagai pemerintah, tugas kita hari ini adalah mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan positif untuk memberikan pelayanan terbaik serta menciptakan kesejahteraan masyarakat menuju Mubar Wite Barakati,” kata Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri Kamis (17/8).

Pj Bupati Mubar, Bahri (tengah) didamping oleh Ketua Tim Pengerak PKK Mubar, Yosi Rena Bahri (tengah) berpose bersama jajaran Forkopimda.

Orang nomor satu di Mubar itu, sesuai tema peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI 2023 “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” pihaknya terus menjalankan roda pemerintahan di Mubar dengan berbagai kebijakan pembangunan. Mulai dari pembangunan infrastruktur seperti kantor bupati, kantor DPRD, mall pelayanan publik, Masjid Agung, Rujab bupati dan pimpinan DPRD serta lainya. Sumua telah mulai dibangun tahun ini. Kemudian pembangunan dari sisi sumber daya manusia (SDM) melalui beasiswa prestasi dan kebijakan anggaran untuk kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Mubar. Semua itu adalah upaya untuk mendorong Mubar terus melaju untuk Indonesia maju.

Pj Bupati Mubar, Bahri (tengah) didamping oleh Ketua Tim Pengerak PKKMubar, Yosi Rena Bahri (tengah) berpose bersama jajaran Anggota DPRD Mubar.

“Yang ingin saya sampaikan hari ini adalah sesuai moto HUT ke-78 kemerdekaan RI tahun ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Harapan saya sama dengan apa yang diperintahkan bapak Presiden bahwa kita (Mubar, red) terus melaju untuk Indonesia maju. Tugas Pemkab Mubar adalah hadir dalam kerangka memberikan pelayanan publik yang berkualitas, melaksanalan pembangunan dan melakukan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu menambahkan kemerdekaan RI juga tidak lepas dari peran pemuda. Makanya dimomentum HUT ke-78 kemerdekaan RI ia mengajak seluruh pemuda untuk terus berinovasi dan bersama-sama mendukung pembangunan. Karena pemuda memiliki fungsi sebagai agen perubahan, agen pembangunan dan agen pembaruan.

“Selaku agen perubahan, pemuda mempelopori perubahan yang ada dan memfilter perubahan yang dimaksud. Apakah perubahan-perubahan itu sesuai dengan nilai-nilai pancasila Undang-Undang Dasar 1945 atau tidak. Sebagai agen pembangunan, kita harapkan mendukung segala bentuk pembangunan khususnya pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Mubar dalam menciptakan Mubar Wite Barakati. Kemudian sebagai agen pembaruan, pemuda tetap terus melakukan pembaruan dalam hal menciptakan kualitas pelayanan yang baik dari sisi mengisi pembangunan dan memberdayakan masyarakat,” tutup Alumni Alumni 07 STPDN itu. (ahi/adv)

--Merah Putih Berkibar di langit Mubar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Momentum pengibaran bendera merah putih dalam rangka upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) berjalan lancar. Sang saka merah putih dikibarkan di langit Mubar tanpa kendala sedikit pun dibawah iringan 75 anggota Paskibraka di daerah itu.

Atas kerja cerdas dan semangat itu, Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri memberikan apresiasi kepada seluruh anggota paskibraka Mubar.

“Alhamdulillah saya salut dengan paskibraka kita. Mereka adalah putra-putri terbaik Mubar yang telah sukses mengibarkan bendera merah putih. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh pasukan paskibraka termasuk para pelatih dan pendamping yang divalisitasi oleh KesbangPol Mubar,” kata Bahri.

Pj Bupati Mubar, Bahri saat menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki untuk dikibarkan.

Lanjutnya, suksesnya pengibaran bendera merah putih oleh tim paskibraka tidak lepas dari kerja keras dan disiplin dalam menjalani latihan. Selama dua bulan anggota paskibraka Mubar mengikuti latihan dengan penuh semangat tanpa peduli cuaca panas.

Bendera merah putih sukses dikibarkarkan di langit Mubar oleh tim Paskibraka Mubar

“Latihan hampir dua bulan dan hari ini (Kamis, red) tidak mengecewakan. Mereka mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mengibarkan bendera merah putih dengan aman dan tertib tanpa kesalahan." Saya apresiasi.

--15 PNS Mubar Terima Tanda Kehormatan Satyalancana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Sebanyak 15 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mendapat tanda kehormatan satyalencana karya satya dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja baik selama mengabdikan diri sebagai PNS. Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh Pj Bupati Mubar, Bahri dimomentum perayaan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia.

“Penghargaan ini diberikan kepada PNS yang bekerja dengan penuh kesetiaan pada Pancasila dan UUD 1945, Negara dan Pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun,” terang Bahri.

Pj Bupati Mubar, Bahri saat menyematkan penghargaan satyalancana karya satya kepada kepala Dinas Pertanian Mubar, Nestor Jono.

Seluruh PNS Mubar yang mendapatkan tanda kehormatan itu berasal dari berbagai istansi. Masing-masing yaitu satyalancana karya satya pegabdian 10 tahun enam orang, satyalancana karya satya pegabdian 20 tahun lima orang dan satyalancana karya satya pegabdian 30 tahun empat orang. Total keseluruhan 15 orang. “Penghargaan itu diberikan sesuai hasil penilaian yang kita lakukan. Ada tim khusus yang menilai. Kemudian kita usulkan ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Semoga dengan penghargaan ini bisa terus memacu semangat dan kinerja yang baik dalam melayani masyarakat,” pungkasnya. (ahi)

--198 Peserta Gerak Jalan Semarakkan Kemerdekaan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID Pemkab Mubar menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Salah satunya lomba gerak Jalan Indah (GJI) yang diikuti pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta pawai karnaval TK/ PAUD.

Peserta GJI putri dari salah satu SD di Mubar saat akan memasuki pangung penghormatan

“Kegiatan GJI kita laksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 nanti. Lomba GJI ini adalah kegiatan rutin yang kita gelar setiap tahun dalam momentum 198 Peserta Gerak Jalan Semarakkan Kemerdekaan peringatan HUT Kemerdekaan RI,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mubar, Ramadhan saat ditemui Selasa (15/8). (ahi)

  • Bagikan

Exit mobile version