HUT RI Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Siswa

  • Bagikan
ilustrasi_bendera
ilustrasi_bendera

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-- Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun, SMAN 2 Kendari menggelar Kegiatan Agustus (Ketus) berupa jalan santai sekaligus perlombaan yang melibatkan siswa dan guru di sekolah tersebut.

Kepala SMAN 2 Kendari, Nur Aida, S.Pd., mengatakan bahwa memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke 78 tahun, pihaknya menginisiasi Ketus yang diikuti oleh siswa dan guru SMAN 2 Kendari.

"Kegiatan seperti ini tiap tahun diadakan. Hanya saja untuk kali ini kita buat agak sedikit berbeda, yaitu menggelar jalan santai," ujarnya, saat di temui Kendari Pos.

Ia menjelaskan, bahwa cabang lomba Ketus 2023, yakni bola gotong putra putri, tarik tambang putra putri, balap karung putra putri, makan kerupuk putra putri, balap kelereng putra putri, voli sarung, estafet balon putra putri, speestor, menyanyi, baca puisi, pidato, tartil dan desain poster digital. "Selain olahraga, kita juga adakan lomba kebersihan dan kerapian kelas. Menariknya lagi, kantin sekolah juga turut berpartisipasi dalam lomba kebersihan kantin," jelasnya.

Ketus 2023, kata dia, akan berlangsung selama empat hari terhitung mulai 12 Agustus 2023. "Jadi kegiatannya telah dimulai 12 hingga 15 Agustus mendatang. Perlombaan bertujuan memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan harapan siswa bisa memaknainya dan menyerap jiwa nasionalisme dan patriotisme pejuang kemerdekaan," beber Nur Aida.

Ia pun menuturkan, selain siswa guru juga mengikuti lomba fashion show, bola gotong dan pindahkan sarung. "Guru SMAN 2 Kendari juga mengecat pot bunga sehingga lebih berwarna lagi," tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa para siswa dan guru terlihat sangat bergembira dan menikmati setiap lomba yang digelar. "Semoga melalui lomba HUT Kemerdekaan ke 78 tahun ini bisa membangkitkan lagi semangat belajar dan merdeka belajar di kalangan siswa. Tentunya melalui kegiatan ini, antara sesama siswa dapat terjalin tali silaturahmi," tutup Nur Aida. (win/b)

  • Bagikan