Jurnalis Kendari Pos Dinyatakan Kompeten

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kamaluddin, jurnalis Kendari Pos telah menjalani uji kompetensi wartawan (UKW) selama 8-9 Agustus yang digelar LKBN Antara. Ia bersama 6 jurnalis lain di Kendari dinyatakan kompeten setelah diuji pengetahuannya tentang aktivitas jurnalistik. Sekretaris Perum LKBN Antara, Azhari, mengungkapkan, UKW sangat penting diikuti oleh pekerja media untuk mewujudkan wartawan profesional dan kompeten. Ada banyak hal yang bersifat teknis yang dapat menunjang kerja wartawan. Misalnya, untuk UKW kategori muda, harus memiliki perencanaan yang matang sebelum turun ke lapangan. Demikian juga bagi jenjang madya, dan utama itu harus memiliki perencanaan yang matang dalam menyusun program rubrikasi dan peliputan investigasi.

“Melalui UKW ini saya berharap peserta tingkat muda, madya maupun utama bisa mendapat pengakuan atau lisensi secara sah sesuai ketentuan Dewan Pers. Sehingga lebih profesional dan kompeten dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik,”pintanya.

Sementara itu, Kepala Biro LKBN Antara Perwakilan Sultra, Hernawan Wahduyono menambahkan, UKW ini, Sultra mendapat kuota 8 orang. Tapi yang ikut hanya 7 peserta. Rinciannya lima peserta UKW jenjang muda, dan dua tingkat madya. Hasil UKW tersebut, peserta dari Sultra dinyatakan lulus dan kompeten sesuai dengan jenjang masing-masing. “Hasil evaluasi dari tim penguji, baik muda maupun madya, Sultra dinyatakan lulus 100 persen,” ungkapnya saat menutup kegiatan, Rabu (9/8) kemarin.

Ia berharap peserta yang telah mengikuti UKW, meskipun sudah dinyatakan kompeten, tetap terus belajar. “Kompetensi yang dicapai para peserta tidak sampai pada UKW ini saja. Harus tetap berjalan dan bisa menambah pengetahuan, lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan,” pungkasnya. (kam/c)

  • Bagikan