Bupati Kery Lepas Kontingen Jamnas ke Cibubur

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kery Saiful Konggoasa yang juga selaku majelis pembimbing cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Konawe, melepas kontingen Pramuka yang bakal mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke-XII, 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur, Jakarta Timur. Kwartir Cabang (Kwarcab) Konawe mengirimkan kontingen sebanyak 124 orang. Terdiri dari 51 peserta pramuka penggalang putra dan putri, 68 anggota dewasa, serta 5 pendamping.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, memberikan pengarahan kepada anggota Pramuka Konawe, dalam suatu kesempatan beberapa waktu lalu

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, peserta kontingen Jamnas Konawe ini adalah peserta pilihan terbaik, yang telah melewati serangkaian proses seleksi. Dia menyebut, delegasi Kwarcab Konawe merupakan daerah yang mengirim peserta terbanyak se-Sultra dalam kegiatan Jamnas ke-XII. “Ini membuktikan komitmen yang tinggi, dari Pemkab Konawe dalam mengapresiasi prestasi pramuka penggalang kwarcab Konawe. Saya berpesan, agar adik-adik yang mengikuti Jamnas di Cibubur dapat menjaga sikap, perilaku dan nama baik Konawe, dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur,” ungkap Kery Saiful Konggoasa, saat melepas kontingen Pramuka Konawe, Senin (7/8).

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menjelaskan, dalam Undang-undang (UU) nomor 12 tahun 2010, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap kader pramuka, agar memiliki kepribadian yang beriman dan berakhlak mulia, berjiwa patriotik, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, menyerahkan jaket kontingen Konawe kepada peserta Jamnas ke-XII di Buper Cibubur.

Kata dia, gerakan pramuka adalah suatu gerakan non formal dan memiliki peran yang sangat besar, dalam rangka membentuk karakter dari peserta didik anggota pramuka.

“Oleh karenanya, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting dilakukan. Generasi muda merupakan, generasi pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Sejak dibentuk, pramuka telah menjadi salah satu gerakan pemuda, yang sangat penting untuk membangun human character building,” jelasnya.

Politikus Partai Nasdem Sultra itu menambahkan, sebagai generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemimpinan daerah, peserta Pramuka di Konawe diharapkan menggali potensi diri, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Katanya, kegiatan Jamnas dapat dijadikan ajang ujung menambah pengalaman yang baik, membentuk kepribadian, disiplin, dan taat hukum bagi generasi muda Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, menyerahkan jaket kontingen Konawe kepada peserta Jamnas ke-XII di Buper Cibubur.

“Jamnas juga sebagai wadah penerus bangsa, untuk mengimplementasikan kemampuan. Membentuk karakter dan jati diri anggota Pramuka Konawe,” tandasnya. (adi/adv)

  • Bagikan