Unsultra Merawat Misi Go International

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (2 dari kiri) dan Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (2 dari kanan) usai podcast di kanal youtube Kendari Pos Channel di Graha Pena, Selasa (8/8), kemarin. Podcast tersebut dipandu Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (kiri) dan Redaktur Politik Kendari Pos, Ramadhan (kanan). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (2 dari kiri) dan Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (2 dari kanan) usai podcast di kanal youtube Kendari Pos Channel di Graha Pena, Selasa (8/8), kemarin. Podcast tersebut dipandu Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (kiri) dan Redaktur Politik Kendari Pos, Ramadhan (kanan). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Bertabur Prestasi di Tangan Rektor Prof.Andi Bahrun

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc.Agric konsisten membawa universitasnya dipentas dunia. Visi Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University menjadi pijakan utama untuk melompat lebih tinggi untuk menggapai misi Unsultra go international.

"Sejak awal saya sudah mengajak civitas akademika Unsultra untuk go international. Karena itu,tahun 2020 saya gelorakan Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University. Kami pun mulai membangun kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi (PT), baik domestik maupun manca negara," ujar Rektor Unsultra, Prof.Andi Bahrun saat menjadi narasumber dalam podcast kanal youtube Kendari Pos Channel di Graha Pena, Selasa (8/8), kemarin.

Rektor Unsultra, Prof.Andi Bahrun menyadari untuk merealisasikan visi misinya itu bukanlah perkara mudah. Untuk itu, sang rektor getol menata kampusnya secara internal dengan meluncurkan berbagai program demi mendukung pencapaian prestasi kampus, dosen dan mahasiswa.

"Karena itu diawal kita sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Bahkan saat ini sudah banyak PT dalam dan luar negeri yang sepakat kerja sama dengan Unsultra. Namun tentu ini tak cukup hanya MoU tetapi harus ada implementasinya," tegas Rektor Prof.Andi Bahrun.

Gerak maju Unsultra kini dibaca perguruan tinggi lainnya yang ada di Malaysia. Mereka juga ingin menjalin kerja sama Unsultra dengan membangun program studi (Prodi) baru yakni otomotif. Kerja sama itu berangkat dari pengembangan potensi sumber daya alam Sultra sehingga Unsultra nanti bisa mengembangkan mobil listrik.

Rektor Prof.Andi Bahrun dan sivitas akademika Unsultra konsisten merawat misi go international dengan getol mengikuti kegiatan di forum internasional baik oleh mahasiswa maupun dosen Unsultra.

"Kita harus berbuat apabila ingin maju. Jika tak inovatif maka akan tergilas oleh zaman. Tapi tentu tak mudah, modal awal adalah kepercayaan dan keberanian. Virus keberanian itu saya tularkan kepada mahasiswa, agar mampu meningkatan persentase seminar internasional. Sebab kalau mau maju dan sejahtera harus berbuat. Bangkitkan semangat dosen dan mahasiswa. Mari berbuat dan saya siap untuk memajukan Unsultra," jelas Rektor Prof.Andi Bahrun.

Ia mengaku dalam mengembangkan kampus, tak boleh menunda apapun. Sebab apabila menunda berarti akan rugi dari waktu. Tahun 2023 ini, Unsultra mengikuti beberapa join riset Unsultra dengan perguruan tinggi luar negeri.

"Kita juga aktif mengikuti forum internasional dan terlibat menjadi pembicara. Meski SDM terbatas namun demi kemajuan kampus, kita lakukan bersama sivitas akademika Unsultra. Kami selalu membuka ruang bagi pembicara luar negeri berbagi ilmu kepada Unsultra dalam setiap forum. Bahkan semua volunteer dalam dan luar negeri saya beri ruang untuk berbicara di Unsultra," tutur Rektor Prof.Andi Bahrun.

Salah satu ilmuan terbaik dunia ini pun mengaku sangat mengapreasiasi kontribusi dan dukungan seluruh sivitas akademika sehingga Unsultra kini bertabur prestasi. Tetapi prestasi tanpa publikasi maka akan sia-sia. Karena itu Rektor Prof.Andi Bahrun selalu menggandeng media massa terutama Kendari Pos untuk memberitakan setiap kemajuan dan prestasi Unsultra.

Selain itu, Rektor Prof.Andi Bahrun menerapkan kerja sama pentahelix baik dengan dengan pemerintah, masyarakat/komunitas, lembaga usaha, akademisi, dan media massa.
“Kami bekerja bukan mengharapkan untuk dinilai dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di tanah air, tetapi Unsultra ingin bersinergi, berkolaborasi dan bersanding dalam meningkatkan kualitas SDM sehingga pemerintah, masyarakat dan alumni bangga terhadap Unsultra," terang Rektor Prof.Andi Bahrun.

Sementra itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan Kendari Pos akan selalu mendukung setiap langkah positif yang dilakukan Unsultra melalui pemberitaan. Apalagi Unsutra punya misi besar dalam mendongkrak kampus tersebtu hingga ke kanca internasional.

"Kami di Kendari Pos selalu siap berkolaborasi dan membantu dalam menyebar informasi positif mengenai pengembangan kampus Unsultra. Apalagi kami juga memiliki banyak platform media baik koran cetak, e-koran (koran elektronik), media online dan kanal youtube Kendari Pos Channel yang selalu menyebarluaskan informasi secara akurat,"ujar Direktur Irwan Zainuddin.

--Raih Prestasi

Dalam 3 tahun terakhir, Unsultra sukses meraih berbagai prestasi. Pengakuan itu datang dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IX Sulawesi dan Kemendikbud Ristek. Pada awal tahun 2023, Unsultra meraih 3 penghargaan sekaligus yakni sebagai perguruan tinggi dengan sistem pembelajaran daring terbaik, pimpinan perguruan tinggi yang inovatif dan perguruan tinggi swasta yang memperoleh izin pembukaan program studi baru terbanyak tahun 2022.

Selain itu, pada tahun 2021 Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek RI menetapkan Unsultra sebagai 110 PTS secara nasional yang memiliki capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) PT terbaik.

"Dan alhamdulilah berlanjut pada akhir tahun 2022, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi kembali menetapkan Unsultra sebagai 50 PTS secara nasional yang memiliki capaian IKU PT Terbaik berdasarkan penilaian verval PDDIKTI," ujar Rektor Unsultra, Prof.Andi Bahrun.

Atas prestasi tersebut, Unsultra diberi reward sebagai penerima insentif penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan MBKM berbasis IKU. "Penghargaan tersebut merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Unsultra, bisa dinobatkan sebagai yang terbaik dalam pengelolaan Tridharma dan IKU PT, dan tentu kami bersyukur kepada Allah SWT," kata Rektor Prof.Andi Bahrun.

Di samping itu, Unsultra juga dinyatakan lulus sebagai penerima Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dan Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif dari Kemendikbud Ristek Dikti Tahun 2023 ini.

Rektor Prof.Andi Bahrun, menambahkan, saat ini terdapat 6 fakultas dan 16 program studi (prodi) di Unsultra serta 1 program Magister Hukum (S2) dan S3 Hukum Kelas kerja sama Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Unsultra. (rah/win/b)

UNSULTRA IN GLOBAL ACTION

KONSISTEN
-Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun, konsisten membawa universitasnya dipentas dunia
-Visi Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University menjadi pijakan
-Visi itu pijakan untuk melompat lebih tinggi menggapai misi Unsultra go international
-Rektor Unsultra mengajak civitas akademika Unsultra untuk go international
-tahun 2020 visi Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University digelorakan

KERJA SAMA
-Unsultra getol membangun kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi (PT)
-Kerja sama dengan PT domestik hingga manca negara
-Sudah meneken MoU dengan salah satu PT di Amerika Serikat
-Salah satu PT Malaysia melirik peluang kerja sama dengan Unsultra
-Terutama dalam pembukaan prodi otomotif
-Tahun ini, Unsultra ikut join riset dengan perguruan tinggi luar negeri
-Rektor Unsultra menyebut banyak PT dalam dan luar negeri sepakat kerja sama

IKHTIAR
-Merealisasikan visi misi go international itu bukan perkara mudah
-Rektor Unsultra intens menata kampusnya dengan meluncurkan berbagai program
-Termasuk mendukung pencapaian prestasi kampus, dosen dan mahasiswa
-Dosen dan mahasiswa didorong aktif di forum internasional
-Kemajuan mesti ditopang inovasi, kepercayaan dan keberanian
-Membuka ruang bagi pembicara luar negeri berbagi ilmu di Unsultra

APRESIASI DUKUNGAN MEDIA
-Rektor Unsultra mengapreasiasi dukungan media massa, termasuk Kendari Pos
-Dukungan Kendari Pos sangat penting dalam bingkai kerja sama pentahelix
-Prestasi dan capaian kinerja Unsultra dapat terpublikasi di Kendari Pos
-Kerja sama pentahelix itu untuk meningkatkan kualitas SDM

BERTABUR PRESTASI

PENGHARGAAN
-3 tahun terakhir, Unsultra sukses meraih berbagai prestasi
-Pengakuan itu datang dari LLDIKTI wilayah IX Sulawesi dan Kemendikbud Ristek
-Tahun 2023, Unsultra meraih 3 penghargaan sekaligus :
1.Perguruan tinggi dengan sistem pembelajaran daring terbaik
2.Pimpinan perguruan tinggi yang inovatif
3.Perguruan tinggi swasta peraih izin pembukaan prodi baru terbanyak tahun 2022

IKU PT TERBAIK
-Tahun 2021, Unsultra ditetapkan sebagai 110 PTS nasional dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) PT terbaik
-Tahun 2022, Unsultra ditetapkan sebagai 50 PTS nasional dengan IKU PT Terbaik berdasarkan penilaian verbal PDDIKTI
-Unsultra menerima insentif penelitian dan pengabdian masyarakat terintegrasi MBKM berbasis IKU
-Unsultra menerima Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)
-Mendapat Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif dari Kemendikbud

SUMBER UNSULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan