Dinsos Ringankan Beban Lansia

  • Bagikan
Baaziri
Baaziri

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Utara (Butur) bersama UPT Sentra Meohai Kendari mengunjungi kediaman salah seorang lanjut usia (Lansia) di Kelurahan Lakonea, Kecamatan Kulisusu, Selasa (8/8). Kehadiran dua lembaga itu untuk meringankan beban kakek bernama La Jii yang berusia 73 tahun dan kondisi sakit serta tinggal seorang diri tanpa keluarga.

Kepala Dinsos Butur, Baaziri, mengungkapkan, kunjungan tersebut untuk turun melihat langsung kondisi Lansia itu. Setelah mendapatkan informasi, ia turun langsung melihat kondisi yang bersangkutan bersama pihak Sentra Meohai Kendari Kementerian Sosial.

Lansia dimaksud merupakan salah satu penerima bantuan sosial. Selain mendapatkan Program Keluarga Harapan dan BPJS Kesehatan, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pihaknya juga akan menyiapkan bantuan makanan. “Saya akan turunkan bantuan makanan dan tadi sudah diantar ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan, ada gatal-gatal di tubuhnya,” tambah Baaziri, kemarin.

Ia mengakui, pihaknya punya keterbatasan untuk melihat secara keseluruhan masyarakat Butur. Ia mengharapkan dukungan masyarakar ataupun pihak terkait apabila menemukan warga yang kondisinya membutuhkan layanan Dinsos, agar menyampaikan ke instansinya dengan mengantongi surat keterangan dari Pemerintah Desa atau Kelurahan.

“Kemudian surat keterangan itu dibawa ke Dinsos, kami turun melihat, melakukan asesmen untuk mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan. Tetapi jika tidak ada laporan seperti itu, kami tak pernah tahu. Jadi saya kira, kalau ada masyarakat yang misalnya ada kebutuhan apa, silahkan,” pintanya.

Petugas UPT Sentra Meohai Kendari, Amita Diena, mengatakan, pihaknya hadir di Butur untuk berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat seputar tindakan yang akan dilakukan untuk membantu sang kakek. Salah satu langkah yang akan dilakukan yakni memberikan permakanan Lansia yang bersumber dari APBD.

Sentra Meohai Kendari juga melakukan koordinasi dengan Puskesmas Kulisusu terkait dengan layanan kesehatannya. Agar La Jii mendapatkan perawatan secara periodik. “Karena kalau di Puskesmas Kulisusu ada Posyandu Lansia dan setiap bulannya bisa diberikan pelayanan kesehatan. Untuk langkah selanjutnya, mungkin nanti rembukan bantuan apa yang tepat untuk kakek tersebut,” tandas Amita Diena. (b/had)

  • Bagikan