Baru 3.600 Hektare Kakao Diremajakan

  • Bagikan
Lasky Paemba
Lasky Paemba

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tercatat, ada 57.000 hektare kebun kakao produktif di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Sesuai data Dinas Perkebunan dan Hortikultura setempat, sekitar 60 persen pohon kakao, harus diremajakan untuk mengembalikan produktivitas. Dari luasan tersebut, saat ini Pemkab Koltim baru meremajakan sekitar 3.600 hektare.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba, menyampaikan, pihaknya akan terus kakao terus diremajakan untuk meningkatkan produksinya.

"Total kakao yang harus diremajakan sekitar 60 persen dari luas lahan yang tersedia. Perlahan kakao di Koltim bisa diremajakan supaya bisa mengembalikan kejayaan komoditas tersebut seperti sedia kala," kata Lasky Paemba, Selasa (8/8). Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Koltim itu mengaku, total lahan kakao yang harus diremajakan sekitar 34.000 hektare. Ia mengungkapkan, Pemkab mendapatkan bantuan dana Rp 6,4 miliar untuk meningkatkan produksi kakao.

Anggaran tersebut dibagi untuk peremajaan khusus kakao yang tua dan rusak, sekitar 400 hektare. Sementara 200 hektare lainnya, khusus intensifikasi tanaman produktif diberikan pupuk NPK organik. "Mudah-mudahan usai diremajakan, produksi bisa meningkat hingga 80 persen. Kita targetkan sekitar 50 persen kakao bisa diremajakan, pasti komoditas ini akan kembali berjaya," yakinnya. (c/kus)

  • Bagikan