124 Peserta Jamnas Siap ke Cibubur

  • Bagikan
GENERASI PENERUS : Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) saat menyerahkan jaket kontingen kepada Pramuka yang akan menjadi peserta Jamnas ke-XII di Buper Cibubur. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)
GENERASI PENERUS : Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) saat menyerahkan jaket kontingen kepada Pramuka yang akan menjadi peserta Jamnas ke-XII di Buper Cibubur. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Keberangkatan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) Kwartir Cabang (Kwarcab) Konawe, dilepas langsung Bupati, Kery Saiful Konggoasa. Ada 124 peserta akan mengikuti Jamnas ke-XII tahun 2023 di Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur, Jakarta Timur, mulai tanggal 14 hingga 21 Agustus mendatang.

Kery Saiful Konggoasa mengatakan, dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010, Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap kader agar memiliki kepribadian beriman dan berakhlak mulia, berjiwa patriotik, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI.

Katanya, Pramuka adalah suatu gerakan nonformal dan memiliki peran sangat besar dalam rangka membentuk karakter peserta didik anggotanya. "Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting dilakukan. Generasi muda merupakan pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Sejak dibentuk, Pramuka telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun human character building," ujar Kery Saiful Konggoasa, di pelataran kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, kemarin.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwarcab Pramuka Konawe tersebut menuturkan, dalam kegiatan Jamnas ke-XII di Buper Cibubur, ada 51 peserta Pramuka penggalang putra dan putri, 68 anggota dewasa, serta lima pendamping. Ia menyebut, delegasi Kwarcab Konawe merupakan daerah yang mengirim peserta terbanyak se-Sultra dalam kegiatan Jamnas ke-XII.

"Ini membuktikan komitmen yang tinggi dari Pemkab Konawe dalam mengapresiasi prestasi Pramuka penggalang Kwarcab.
Saya juga berpesan agar adik-adik yang mengikuti Jamnas di Cibubur agar dapat menjaga sikap, perilaku dan nama baik daerah dengan menanamkan nilai nilai budi pekerti luhur," imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan