Umar Arsal Konsisten Perjuangkan Aspirasi Rakyat

  • Bagikan
Bakal Caleg DPR RI Dapil Sultra, Umar Arsal (pegang mikrofon) menyerap aspirasi masyarakat Konsel dan akan diperjuangkan bersama rekannya dari Partai Demokrat yang saat ini menjadi anggota DPR RI, Selasa (1/8), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Bakal Caleg DPR RI Dapil Sultra, Umar Arsal (pegang mikrofon) menyerap aspirasi masyarakat Konsel dan akan diperjuangkan bersama rekannya dari Partai Demokrat yang saat ini menjadi anggota DPR RI, Selasa (1/8), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

--Kembali Maju DPR RI, Kukuhkan Tim Pemenangan di Konsel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Umar Arsal menolak untuk berhenti memperjuangkan aspirasi rakyat Sulawesi Tenggara (Sultra). Politisi Partai Demokrat ini meneguhkan ikhtiarnya untuk kembali bertarung di Pemilu 2024. Ia membidik kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Umar Arsal memilih Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra.

Setelah melihat kondisi dan atas dorongan masyarakat, Umar Arsal mengaku tergugah kembali ke Senayan bertarung pada Pemilu 2024. Dorongan masyarakat itu sangat lumrah, mengingat ia pernah 2 periode menjabat anggota DPR RI Dapil Sultra dari Partai Demokrat.

Periode pertama pada 2009-2014 dan periode kedua, 2014-2019.

Saat menjadi anggota DPR RI, Umar Arsal kerap blusukan hingga wilayah pelosok di seluruh Sultra. Daerah yang jarang ditembus anggota DPR, mampu disentuh Umar Arsal.

"Saya merasakan langsung keluhan mereka dan saya memperjuangkannya. Nomor telepon saya aktif 24 jam. Silakan jika ada masalah atau hal yang perlu mendapat perhatian, saya siap monitor," ujarnya kunjungan di 4 kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (1/8), kemarin.

Dalam kesempatan itu, Umar Arsal mengukuh tim pemenangan menuju DPR RI 2024.
Pada pertemuan tim pemenangan koordinator desa/kelurahan dan masyarakat di Konsel, Umar Arsal menanyakan langsung aspirasi masyarakat.

Bakal Caleg DPR RI Dapil Sultra, Umar Arsal (tengah) menyematkan rompi tim pemenangan koordinator desa/kelurahan di Kabupaten Konawe Selatan, Selasa (1/8), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

"Kita mencatat sejumlah aspirasi yang sebagian besar menyoroti masalah infrastruktur. Khususnya peningkatan kualitas dan kapasitas jalan. Lalu, optimalisasi aksesibilitas transportasi seperti pelabuhan atau bandara. Kemudian, peningkatan perekonomian masyarakat daerah melalui optimalisasi SDA yang hasilnya harus dirasakan betul oleh masyarakat daerah," terangnya.

Masyarakat Konsel juga menyebut peningkatan kualitas kesehatan, dan pendidikan yang hadir dari intervensi DPR RI. Masyarakat berharap makin banyak beasiswa yang digelontorkan untuk putra putri Konsel. Agar tak ada alasan anak-anak daerah tidak mendapat pendidikan sampai perguruan tinggi. Tidak boleh sampai ada anak yang putus sekolah karena biaya.

"Untuk beasiswa pendidikan juga akan dibantu agar Konsel mendapat perhatian dari DPR RI. In Sya Allah semua yang menjadi harapan apalagi benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat pasti kita perjuangkan. Masalah infrastruktur dan sarana prasarana transportasi yang menghubungkan antarwilayah menjadi prioritas jika terpilih dan masuk di Komisi V DPR RI," terang Umar Arsal.

Bakal Caleg DPR RI Dapil Sultra, Umar Arsal (2 dari kiri, pegang mikrofon) mengukuhkan koordinator desa/kelurahan di Kabupaten Konawe Selatan, Selasa (1/8), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

Kepala Badan Pembinaan Jaringan Konstituen DPP Partai Demokrat itu bersedia turun lapangan bersama masyarakat untuk meninjau langsung tingkat kerusakan infrastuktur jalan. "Saya akan lihat langsung persoalan di lapangan dan kita perjuangkan. Paling tidak, saya dapat sampaikan kepada teman-teman yang duduk (di DPR RI) saat ini, karena saya tidak ada masalah dengan siapapun, dan saya percaya teman-teman yang menjabat saat ini pasti mau bersama-sama untuk kepentingan rakyat," kata Umar Arsal.

Ia berharap lebih banyak lagi masukan bahkan kritik sekalipun, karena tujuan perjuangannya bukan secara pribadi. "Tapi kita bisa menang bersama-sama, kemenangan masyarakat Sultra. Perjuangan ini, kita niatkan untuk ibadah, bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Sejak lama, rekam jejak pengabdian Umar Arsal dikenal publik Sultra. Beragam program hasil kerja Umar Arsal diturunkan di Sultra. Tak heran banyak masyarakat yang inginkan ia kembali maju menjadi anggota DPR RI. Bahkan masyarakat secara terbuka menegaskan diri dengan tulus ikhlas berjuang bersama Umar Arsal demi perubahan dan perbaikan.

Umar Arsal pun menyahutinya dengan mengukuhkan koordinator-koordinator tingkat desa/kelurahan untuk pemenangan menuju Senayan. Langkah awal, Umar Arsal mengukuhkan koordinator desa/kelurahan dari 6 kecamatan yakni Lainea, Palangga, Laeya, Palangga Selatan, dan Baito. Pengukuhan dipusatkan di Kelurahan Punggaluku.

Tuntas di Kelurahan Punggaluku, Umar Arsal melanjutkan agendanya ke kelurahan Palangga, Kecamatan Palangga. Selanjutnya silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Lapoa. Kemudian mengukuhkan koordinator desa/kelurahan di Kecamatan Wolasi dan Konda yang terpusat di Kecamatan Konda.

"Para koordinator desa/kelurahan menyatakan sikap siap berjuang bersama untuk menang menuju DPR RI. Ini adalah langkah awal, selanjutnya In Sya Allah saya akan turun ke rumah rumah warga, ke pelosok pelosok desa, ke daerah-daerah untuk bersilaturahmi dan melihat langsung kondisi rakyat," tutur Umar Arsal. (ndi/b)

  • Bagikan