Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Juara III MTQMN

  • Bagikan
Penyerahan hadiah kepada Aisyah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari. (Dok. Poltekkes for Kendari Pos)
Penyerahan hadiah kepada Aisyah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari. (Dok. Poltekkes for Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Aisyah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Jurusan Kebidanan berhasil meraih juara tiga Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) dengan tema menjadikan Alquran sebagai spirit generasi muslim yang inovatif, dan berakhlak mulia di era 4.0. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 27 hingga 28 Juli 2023, di Jakarta.

Aisyah yang juga mahasiswa semester lima Poltekkes Kemenkes Kendari mengatakan bahwa event yang ikuti merupakan lomba MTQMN Poltekkes se-indonesia.

“Lomba ini berkaitan dengan Alquran, seperti, musabaqah tartil Quran, musabaqah tilawatil Quran, musabaqah hifdzil Quran 3, 5, dan 10 juz, musabaqah karya tulis ilmiah Alquran, dan lain sebagainya. Dan saya mengikuti cabang lomba musabaqah hifdzil Quran 3 juz,” bebernya.

Lomba ini diikuti 17 Poltekkes dari seluruh Indonesia. “Beberapa peserta yang mengikuti yakni Poltekkes Kemenkes Jakarta 1, Poltekkes Kemenkes Jakarta 2, Poltekkes Kemenkes Jakarta 3, Poltekkes Kemenkes Medan, Poltekkes Kemenkes kalimantan Timur, Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Poltekkes Kemenkes Bandung, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Aisyah berhasil meraih juara tiga dan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. “Saya berharap untuk kedepannya dapat membawa nama baik kampus dan orang tua lebih baik lagi, dan kegiatan mahasiswa seperti ini bisa selalu mendapatkan dukungan baik dalam bentuk materi maupun non materi dan Alhamdulillah di Poltekkes Kemenkes Kendari selalu mendukung kegiatan mahasiswa tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Sub Bagian Kemahasiswaan Prodi Keperawatan Buton, La Kuru S,Kep. Ns., M.Kes., mengungkapkan bahwa Poltekkes Kemenkes Kendari melakukan pemilihan mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam setiap jenis lomba.

Dengan cara membagikan brosur lomba di setiap jurusan seperti Keperawatan, Kebidanan, Teknologi laboratorium Medis, dan Gizi. “Dengan metode tersebut, Poltekkes Kemenkes Kendari dapat mengikuti ajang lomba, pertama musabaqah tartil Quran dari jurusan prodi keperawatan Buton yaitu Nadia Turqohma, kedua musabaqah karya tulis ilmiah Quran diikuti 2 peserta dari jurusan keperawatan Kendari yakni Johan Tirta dan Putri Rizki Amelia, ketiga musabaqoh hifdzil Qur’an terdiri 2 ajang lomba yang diikuti yakni hafalan 5 juz diikuti oleh jurusan keperawatan Kendari atas nama Annisa Rodhiah dan hafalan 3 juz diikuti jurusan Kebidanan atas nama Aisyah dan berhasil masuk babak final dan Alhamdulillah Poltekkes Kemenkes Kendari meraih juara 3 pada lomba hafalan Al Qur'an 3 Juz," imbuhnya.

Ia juga menambahkan, bahwa penyelenggaraan MTQMN baru tahun kedua pada tahun pertama Poltekkes Kemenkes Kendari belum dapat membawa piala dan tahun ini Poltekkes Kemenkes Kendari sudah mulai menunjukkan kemampuannya di ajang lomba bernilai Religi ini. “Ke depannya mahasiswa yang ikut lomba dan belum berhasil diharapkan jangan pantang menyerah tetap berikrar akan meraih piala lebih banyak lagi di tahun depan,” tutupnya. (win/b).

  • Bagikan

Exit mobile version