Tahap I Realisasi DAK Fisik Capai 99 Persen

  • Bagikan
Syarwan Kepala Kanwil DJPb Wilayah Sultra
Syarwan Kepala Kanwil DJPb Wilayah Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahap I di Sultra telah mencapai 99,02 persen. Hal ini berdasarkan laporan batas akhir penyampaian persyaratan dokumen penyaluran pada empat kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) se Sultra yakni KPPN Kendari, Kolaka, Raha dan Baubau.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Sultra, Syarwan mengatakan penyaluran DAK Fisik tahap I di Sultra sudah tak ada madalah. Meski angka penyaluran sudah cukup tinggi di tahap I, namun pihaknya tetap memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah agar dapat segera menyelesaikan seluruh kendala yang terjadi.

“Alhamdulillah untuk DAK fisik Sultra sudah aman, karena tahap I sudah selesai. Tetapi kita juga masih kasih perpanjangan bagi pemda yang memiliki kendala agar segera menuntaskannya hingga 30 Juli mendatang,” ungkap Syarwan.

Ia meminta seluruh KPPN di Sultra untuk segera melakukan koordinasi dan memastikan agar realisasi penyaluran DAK fisik tahap I bisa diselesaikan tanpa kendala sedikitpun dari Pemda. Sehingga nantinya tidak menjadi beban APBD.

“Saat ini realisasinya sudah cukup baik, bahkan telah mencapai 99,02 persen,” ujarnya.

Ia merinci, berdasarkan data yang ada, realisasi DAK fisik tahap I di Sultra mencapai Rp1,794 triliun dari pagu awal Rp1,812 triliun atau 99,02 persen.

“Sementara itu total nilai kontrak saat ini sebesar Rp1,762 triliun atau sekira 98,18 persen terhadap kontrak rencana kerja,”pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan

Exit mobile version