Pulang dengan Gelar Haji Mabrur

  • Bagikan
PERJALANAN SPRITUAL : Sekab Buton, Asnawi Jamaluddin menyambut haru para jemaah haji yang baru saja kembali dari tanah suci di rumah dinas bupati. (ELYN IPO/KENDARI POS)
PERJALANAN SPRITUAL : Sekab Buton, Asnawi Jamaluddin menyambut haru para jemaah haji yang baru saja kembali dari tanah suci di rumah dinas bupati. (ELYN IPO/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jemaah haji asal Buton pulang dengan selamat. 11 tamu Allah itu telah berkumpul kembali dengan keluarganya. Sebagai wujud rasa syukur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton juga menyambut warganya dengan sukacita. Penyambutan dipimpin langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton, Asnawi Jamaluddin mewakili Pj. Bupati, Basiran yang sedang dinas luar.

"Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemkab Buton, kami mengucapkan selamat datang kembali di tanah air. Alhamdulillah, telah mampu melaksanakan seluruh rangkaian prosesi ibadah haji di Tanah Suci Makkah, sebagai bagian dari kesempurnaan rukun Islam yang kelima," ungkap Asnawi, kemarin.

Ia meyakini, perjalanan spritual yang sudah dilewati para jemaah selama 40 hari, merupakan pengalaman yang tak ternilai karena banyak hal penting dan ilmu baru yang bertambah. Tingkat ketakwan jamaah pun Insyaallah meningkat.

"Perjalanan spiritual ini merupakan suatu pengalaman yang tak ternilai. Bapak dan ibu jemaah haji telah melaksanakan serangkaian ritual yang penuh makna dan mendalam. Dengan melakukan thawaf di sekitar Ka'bah, melakukan sa'i antara Safa dan Marwah, berada di Arafah, Mabit di Mina, melempar jumrah dan melaksanakan banyak ibadah-ibadah lainnya. Semua itu merupakan bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT," lanjut mantan Kepala Dinas Sosial Buton tersebut.

Selanjutnya, Asnawi Jamaluddin pun mengucapkan selamat, sambil berharap jika semua yang berhaji itu meraih gelar mabrur. Sebab kemabruran haji penting dalam meningkatkan kualitas iman. “Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa siapa yang mendapatkan haji mabrur, tidak ada balasan yang pantas baginya melainkan surga," tambahnya.

Asnawi Jamaluddin mengajak para jemaah haji agar terus menjaga Ukhuwah Islamiyah dan saling berbagi satu sama lain, agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dalam hidup berkeluarga dan bermasyarakat. (b/lyn)

  • Bagikan