Mahasiswa Teknik UHO Terima Pendanaan Usaha Kemendikbudristek

  • Bagikan
Suasana Discuss Coffee. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Suasana Discuss Coffee. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki prototipe produk atau sudah menjalankan usaha, yang merupakan salah satu program dari Kemendikbudristek dan Ditjen Dikti. Teranyar, salah satu mahasiswa Teknik Informatika Universitas Halu Oleo (UHO), Warham Aliansa, berhasil menerima pendanaan sebesar Rp.20.000.000 dari KemendikbudRistek dan Ditjen Dikti dengan judul Discuss Coffee, Mencari Solusi Lewat Diskusi dan Kopi.

Warham Aliansa yang juga Menteri Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UHO mengatakan bahwa P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

“Bantuan pendanaan P2MW 2023 dibagi menjadi dua jenis pendanaan, yaitu kelompok mahasiswa untuk tahapan usaha awal maksimal sebesar Rp.5.000.000 dan tahapan usaha bertumbuh maksimal sebesar Rp.20.000.000,” ujarnya.

Warham Aliansa menjelaskan, bahwa usaha Discuss Coffee ini sendiri termasuk ke dalam tahapan usaha bertumbuh. Discuss Coffee mulai beroperasi sejak Oktober 2022. Modal awal usaha Discuss Coffee sebesar Rp.7.500.000 juga didapatkan melalui bantuan pendanaan PMW UHO 2022.

“Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), sebagai bagian dari strategi pendidikan di Perguruan Tinggi UHO, yang dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha,” ungkap Warham Aliansa selaku Owner Discuss Coffee.

Discuss Coffee merupakan inovasi yang menarik dalam industri kopi karena menciptakan konsep yang unik dengan menggabungkan dua hal yang berbeda, yaitu diskusi dan kopi. Dengan demikian, pelanggan tidak hanya menikmati rasa kopi yang enak tetapi juga memperoleh manfaat sosial dan intelektual dari diskusi.

“Dengan bantuan pendanaan serta coaching usaha mengenai kewirausahaan, saya berharap Discuss Coffee dapat berkembang lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.

Ia menambahkan, bahwa dengan capaian ini, diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa khususnya mahasiswa UHO untuk berwirausaha sambil mengukir prestasi. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version