UPT Perpustakaan UHO Genjot Peningkatan Kualitas Pengelolaan

  • Bagikan
Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd (berdiri di podium) dan Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., M.T (duduk) saat pelatihan sedang berlangsung. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd (berdiri di podium) dan Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., M.T (duduk) saat pelatihan sedang berlangsung. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

--Melalui Pelatihan Klasifikasi Bahan Pustaka

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perpustakaan harus bisa mengelola bahan pustaka dengan baik dan serapi mungkin agar bisa diakses oleh seluruh pembaca khususnya mahasiswa. Untuk itulah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pelatihan klasifikasi bahan pustaka kepada pustakawan dan pengelola rumah baca masing- masing unit yang ada di kampus hijau tersebut.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., dalam hal ini diwakili Warek Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., M.T. Dalam sambutannya, dia menyampaikan apresiasi yang tinggi pada UPT Perpustakaan UHO yang telah menggelar pelatihan tersebut.

“Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengelolaan bahan baca di unit masing-masing,” ujarnya.

La Hamimu menjelaskan, bahwa klasifikasi bahan pustaka sangat penting. Karena jika dilakukan tidak sesuai dengan standar yang sudah dibuat itu bisa menyulitkan pembaca. “Misalnya ketika seseorang mencari buku tetapi dalam rak buku tersebut terdapat banyak judul, orang tersebut akan membingungkan,” bebernya.

Selain itu, lanjut dia, perbaikan kualitas perpustakaan menjadi hal yang terpenting dalam proses akreditasi. “UPT Perpustakaan merupakan bagian terpenting dalam proses akreditasi yang ditanyakan tentang bahan pustaka, apa yang dilakukan perpustakaan dan lain sebagainya,” terangnya.

Ia juga berharap agar, latihan tersebut dapat bermanfaat dan tentunya dapat meningkatkan kualitas di perpustakaan UHO dan IAIN. “Perpustakaan UHO dan IAIN memiliki kerjasama oleh karena itu pelatihan kali ini melibatkan dari IAIN juga,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa pelatihan klasifikasi bahan pustaka sudah dimulai sejak tahun lalu. “Tetapi ternyata di staf perpustakaan itu hanya ada 6 dari 34 orang yang mampu melakukan klasifikasi. Oleh karena itu kami kembali menggelar kegiatan ini. Kali ini kami juga melibatkan peserta dari IAIN Kendari karena perpustakaan UHO dan IAIN itu punya kerjasama,” ungkapnya.

Mantan Kepala UPT Keamanan UHO ini, juga menuturkan, bahwa pelatihan klasifikasi bahan pustaka ini menghadirkan beberapa narasumber yang memang berkompeten di bidang perpustakaan.

“Setelah kegiatan ini para peserta diharapkan mampu melakukan klasifikasi buku sesuai dengan judul dan lain sebagainya. Sehingga pembaca tidak kebingungan untuk mencari judul yang akan dibaca,” tutur Alim Marhadi.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari terhitung sejak Kamis (27/7). Dan pesertanya kurang lebih 86 orang. “Jadi pesertanya bukan hanya dari UHO saja. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari,” bebernya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan layanan di UPT Perpustakaan UHO. “Diharapkan bagi peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Setelah setelah dari kegiatan tersebut dapat diterapkan di unitnya masingmasing,” pungkas Mantan Kelala Humas UHO ini. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version