Mubar Keciprat Dana Inpres Rp.43,1 Miliar

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar Bahri
Pj Bupati Mubar Bahri

--Digunakan Perbaiki 14,3 Kilometer Jalan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Muna Barat (Mubar) mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat tahun ini. Anggaran senilai Rp 43,1 miliar tersebut berasal dari Intruksi Presiden (Inpres) untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Dana Inpres itu akan dimanfaatkan untuk peningkatan infrastruktur jalan. Sepanjang 14,30 kilo meter jalan di Mubar akan seger diperbaiki.

“Alhamdulillah tahun ini kita dapat dana Inpres jalan, program dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dana ini akan kita gunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan raya,” kata Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri saat dikofirmasi, kemarin.

Lanjut Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu, dengan dana Inpres tersebut Pemkab Mubar akan melakukan perbaikan pada dua ruas jalan. Yaitu ruas jalan dari Desa Mekar Jaya - Sangia Tiworo dan ruas jalan dari Desa Masara - Kombikuno. Kondisi dua ruas jalan tersebut rusak dan butuh perbaikan.

“Kegiatanya akan segera jalan, tahun ini selesai. Untuk proses lelangnya bukan kita (Pemkab Mubar,red) yang lakukan tetapi Balai Jalan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mubar, Unding mengunkapkan eks verifikasi desain paket Inpres jalan daerah pada paket peningkatan jalan Mekar Jaya - Sangia Tiworo dan paket jalan Masara - Kombikuno telah dilakukan sejak Mei 2023. Panjang jalan Mekar Jaya - Sangia Tiworo yaitu 7 kilometer dengan perkiraan kebutuhan anggaran sebesar Rp 22 miliar. Untuk jalan Masara - Kombikuno sepanjang 7,30 kilometer dengan kebutuhan Rp 21.1 miliar.

“Total dana Inpres untuk dua titik paket pekerjaan jalan itu sekira 43,1 miliar. Kemudian pekerjaan dua paket jalan itu menggunakan aspal Buton,” tutup Unding. ( ahi/b)

  • Bagikan

Exit mobile version