DPRD Minta BPVP Cetak Tenaga Kerja Andal

  • Bagikan
Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh
Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- DPRD Sultra mendukung Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari untuk bisa menciptakan tenaga kerja yang produktif. Itu sesuai rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pemuda dan angkatan kerja yang akan dibahas legislatif- eksekutif.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh. Ia berharap kehadiran pimpinan BPVP Kendari yang baru ini bisa terus menciptakan tenaga kerja yang memiliki ketrampilan andal. Ketua DPW PAN Sultra ini menyatakan, menghadapi era modern saat ini, pelatihan vokasi dan produktivitas perlu didorong.

“Kita inginkan semua anak muda yang telah mengikuti program BPVP ini, jangan hanya dilatih terus setelah itu dilepas. Akan tetapi bagaimana mereka yang telah mengikuti pendidikan atau pelatihan ketrampilan kompetensi, masing-masing bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya sendiri, “kata pria yang akrab disapa ARS ini.

Pelatihan keterampilan di BPVP Kendari, ia sarankan tidak hanya fokus pada pelatihan menjahit, perbengkelan dan lain-lain, akan tetapi harus melihat peluang kerja sektor pertambangan saat ini yang masih banyak impor dari luar.

“Seperti di wilayah Morosi, kalau hanya untuk operator alat berat, dan teknik mesin, kenapa tidak kita adakan di BPVP Kendari, “ terangnya.

Ia mengaku sudah 26 tahun menjadi anggota DPRD, dari pantauannya, ia melihat pelatihan di BPVP itu harus ditingkatkan. Menurutnya, pendidikan ketrampilan kerja masih masalah perbengkelan menjahit dan sebagainya. “Semoga kedepan sudah ada pelatihan terkait ketrampilan operator alat berat. Agar generasi kita kedepan tidak menjadi bagaikan ayam yang mati di lumbung padi. Maka BPVP Kendari harus berbenah, “pungkasnya. (Kam/b)

  • Bagikan

Exit mobile version