Pembangunan Kualitas SDM, Mewujudkan Masyarakat Sejahtera

  • Bagikan
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (12 dari kiri), Bunda Literasi Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin (11 dari kiri), Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh (11 dari kanan) usai Talk Show Literasi di Kabupaten Konsel, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (12 dari kiri), Bunda Literasi Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin (11 dari kiri), Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh (11 dari kanan) usai Talk Show Literasi di Kabupaten Konsel, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

--Bupati Konsel, Surunuddin Menumbuhkan Budaya Literasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan daerah, idealnya mengombinasikan pembangunan infrastruktur yang dibarengi pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga membangun keduanya, infrastruktur dan SDM di Konsel. Salah satu kanal pembangunan kualitas SDM adalah menumbuhkan budaya literasi kepada masyarakat.

Bupati Konsel, Surunuddin meyakini, ketika pembangunan kualitas SDM tercapai, maka akan mewujudkan masyarakat Konsel yang sejahtera. Sebab, bagi Bupati Surunuddin dengan SDM yang unggul maka dapat menstimulus pembangunan daerah. Oleh sebab itu Bupati Surunuddin terus mendukung program kegiatan yang memiliki nilai pendidikan untuk memajukan daerah.

Bupati Surunuddin mengungkapkan, Pemkab Konsel terus bertranformasi, khususnya dalam menyusun kebijakan pembangunan daerah. Saat ini, proyeksi pembangunan tidak lagi semata-mata fokus pada pembangunan infrastuktur seperti jalan dan jembatan.

"Namun arah pembangunan kita juga mengarah pada aspek kesehatan dan pendidikan anak-anak, dan pengembangan kualitas SDM secara menyeluruh. Hal ini sesuai dengan visi kami yaitu mewujudkan Kabupaten Konsel yang semakin maju, berkeadilan dan sejahtera," ujar Bupati Surunuddin didampingi Bunda Literasi Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin, kemarin.

Artinya, kata Bupati Surunuddin, Konsel harus maju bukan hanya pada aspek fisik. Namun kemajuan juga harus dirasakan seluruh lapisan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia, budaya literasi adalah pondasi yang kokoh mewujudkan masyarakat berkualitas dan sejahtera," tegasnya.

Bupati Konsel 2 periode itu menegaskan literasi memampukan manusia mengidentifikasi, mengerti, memahami, dan mencipta yang diperoleh dari kegiatan membaca. "Ditransformasikan dalam kegiatan-kegiatan yang produktif yang memberikan manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan," imbuhnya.

Baru-baru ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsel, dan Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Sultra menggelar Talk Show Literasi tahun 2023 di Kantor Bupati Konsel. Bupati Konsel, Surunuddin mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kami mengapresiasi upaya percepatan peningkatan literasi untuk dengan menginisiasi program talk show literasi," ungkap Bupati Surunuddin. (ndi/b)

  • Bagikan