120 Siswa Baru Ikut Matsama di MAN IC Kendari

  • Bagikan
Kepala MAN IC Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd., saat memberikan materi di Matsama.
Kepala MAN IC Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd., saat memberikan materi di Matsama.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Mengawali kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas X, MAN Insan Cendekia Kota Kendari menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun ajaran 2023/2024 yang dilaksanakan selama lima hari terhitung sejak Senin, 17 Juli lalu dan akan ditutup Jumat 28 Juli mendatang.

Kepala MAN IC Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd., mengatakan bahwa Matsama merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam penerimaan peserta didik baru sebagai bentuk pengenalan aktivitas rutin madrasah, fasilitas madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

“Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Matsama adalah untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya. Kemudian untuk memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru,” ujarnya.

Ia menjelaskan, visi MAN IC Kota Kendari adalah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu mengaktualisasikan dalam masyarakat.

“Dan untuk mewujudkan visi tersebut, maka MAN IC Kota Kendari harus menjalankan program berdasarkan Isinya antara lain menyiapkan calon pemimpin masa depan yang mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mandiri, kreatif, inovatif, dan mempunyai daya juang tinggi,” jelas Muhammad Naim.

Tahun ini, kata dia, MAN IC Kendari menerima siswa baru sebanyak 120 siswa. “Dari 120 peserta didik baru tersebut diharapkan mereka bisa mengikuti kegiatan Matsama dengan baik sebagai bekal untuk mengenali lingkungan dan proses pembelajaran yang akan berlangsung di MAN IC Kota Kendari, “ katanya.

Ia menambahkan, bahwa Jumat, 28 Juli 2023 mendatang akan dilaksanakan penutupan seluruh kegiatan Matsama sekaligus memberikan penghargaan kepada tiga peserta terbaik pada pelaksanaan kegiatan Matsama bagi peserta didik baru MAN IC Kota Kendari tahun pelajaran 2023/2024. (win/b)

  • Bagikan