Rektor UNSULTRA Genjot Kerjasama Internasional

  • Bagikan
Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun
Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc., Agric saat ini sedang melakukan lawatan ke Uzbekistan. Kunjungan Rektor selama 19 hingga 26 Juli itu untuk menghadiri Forum Internasional Kolaborasi sekaligus menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kampus yang ia pimpin di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

Prof. Andi Bahrun mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiasi kerjasama internasional dengan Uzbekistan dalam transportasi pendidikan tinggi. Peserta dari LLDIKTI wilayah IX Sultanbatara berjumlah 29.

“Rombongan dari seluruh Indonesia berjumlah 97 orang yang terdiri dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Kunjungan di Uzbekistan selama tujuh hari itu sudah mempunyai agenda yang terstruktur. Di antaranya mengikuti Forum Internasional Kolaborasi dan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Uzbekistan, ujarnya.

Ia menjelaskan, di Uzbekistan ada sebuah gedung yang dapat diperuntukan untuk mempromosikan produk Indonesia. Untuk itu sebelum berangkat, dirinya membawa beberapa item yang akan dikenalkan, salah satunya adalah buku tentang Sultra dan produk lokal Sultra.

“Saya berharap, setelah melakukan MoU, akan ada implementasi atau kegiatan- kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kurang lebih ada 4 Perguruan Tinggi yang akan MoU dengan dengan Unsultra,”jelasnya.

Selain MoU, kata dia, dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Mengingat setelah pulang dari Uzbekistan, dirinya berencana langsung menyelenggarakan beberapa kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kampus. (win/b)

  • Bagikan