Pemimpin Siap Dikritisi, Tapi Harus Membangun

  • Bagikan
Pj. Bupati Buton, Basiran
Pj. Bupati Buton, Basiran

-- Basiran Didaulat Jadi Kepala Daerah Inovator Perubahan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Saat kinerja Pj. Bupati Buton, Basiran, disorot sebagian kalangan, ia justru diganjar penghargaan oleh Seven Media Asia. Basiran dinilai sebagai salah satu kepala daerah yang konsisten melakukan perubahan positif dalam berbagai sektor pembangunan.

Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan tersebut akan menerima Future Leader kategori Inovator Perubahan dalam seremoni yang akan berlangsung di Batam, 28 Juni mendatang.

Basiran mengaku tidak tahu menahu bagaimana proses hingga dirinya mendapat pengakuan dari Seven Media Asia itu. Meski begitu, Ia merasa bersyukur karena niat tulusnya membangun daerah akhirnya bisa diterjemahkan baik oleh pihak lain. Sebab, Ia tidak menampik jika akhir-akhir ini warga Buton terkotak-kotak karena berbeda persepsi terkait kepemimpinannya.

"Saya tidak pernah tahu kapan dilakukan penilaian dan apa indikatornya. Makanya saya tanya, penghargaan apa. Dijelaskan ke saya, indikatornya banyak. Ada kemiskinan, terobosan dan kinerja-kinerja lain yang membawa perubahan positif. Kalau begitu, terima kasih," ungkap Basiran, Selasa (25/7).

Ia menilai sorotan yang dialamatkan kepadanya sangat subjektif. Sebab apa yang dilakukan semuanya mengacu pada aturan. Jika itu tidak diterima pihak lain, maka bisa dipastikan jika sebenarnya orang-orang tersebut adalah yang tidak dikabulkan pemintaannya.

"Yang namanya pemimpin ini kan harus siap dikritisi, tapi harus membangun. Langsung disampaikan saja, jangan menyebar fitnah," sindirnya.

Lanjut Basiran, Ia tak pernah mempersoalkan jika tak lagi diusul DPRD Buton untuk diperpenjang periode kepemimpinannya di birokrasi Buton. Ia memimpin Buton semata karena amanah undang-undang melalui keputusan Mendagri. "Jadi yang mau saya diganti silahkan berdoa, saya tidak apa-apa. Jabatan itu kan amanah," tutupnya. (b/lyn)

  • Bagikan

Exit mobile version