Ekonomi Sultra Diproyeksi Tumbuh Positif

  • Bagikan

--Memasuki Semester II 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) diprediksi masih tetap kuat atau tumbuh positif pada semester kedua (II) tahun 2023. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Agnes Widiastuti mengungkapkan, ekonomi Sultra yang tumbuh positif pada semester I 2023 dari sebelumnya (semester I 2022) merupakan cerminan penguatan ekonomi daerah pada periode berikutnya.

Agnes mencontohkan, ekonomi Sultra semester I 2023 terhadap semester I 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 6,48 persen (y-on-y). "Kedepan diperkirakan (ekonomi Sultra) masih kuat," ujar Agnes Widiastuti kepada Kendari Pos, kemarin.

Menurut Agnes, penguatan ekonomi daerah didukung pada produksi, lapangan usaha dan industri pengolahan. Pada semester I 2023 misalnya, sektor tersebut mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 26,15 persen. Selain itu, dari sisi pengeluaran, komponen ekspor barang dan jasa juga mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 7,21 persen.

"Sementara pada semester sebelumnya (triwulan I 2022) mengalami kontraksi sebesar 7,43 persen. Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Konstruksi mengalami kontraksi terdalam sebesar 29,98 persen. Dari sisi pengeluaran, kontraksi terdalam terjadi pada komponen ekspor barang dan jasa sebesar 35,46 persen," ungkapnya.

Senada, ekonom dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Syamsul Anam optimistis ekonomi Sultra pada semester II 2023 akan tumbuh positif. Menurutnya, penguatan ekonomi Sultra didukung komponen PDB (Produk Domestik Bruto) yang meningkat.

Misalnya dari segi ekspor Sultra yang nilainya mengalami peningkatan mencapai USD 298,24 juta (Mei 2023) atau naik 62,69 persen jika dibandingkan ekspor April 2023 hanya USD 183,32 juta.

Meski perekonomian daerah masih membaik, Syamsul Anam memberikan catatan penting terutama masalah peningkatan jumlah warga miskin dan ketimpanban antar kelompok pendapatan yang lebar.

Menurut Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, (FEBI) UMK itu, peningkatan kemiskinan di Sultra perlu menjadi perhatian seksama terutama jika ditinjau dari locus problem secara spasial ada di pedesaan meski diperkotaan juga terjadi hal yang sama. "Kemiskinan misalnya jika diperiksa pada indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan lokusnya ada di desa-desa," kata Syamsul Anam.

Demikian juga ketimpangan pendapatan, kata Syamsul, saat ini ketimpangan pendapatan masyarakat makin melebar dipedesaan. Padahal desa merupakan sumber ketahanan ekonomi secara alamiah dan secara regional.

"Ini merupakan kode keras bagi pemangku kepentingan untuk memeriksa ulang seluruh kebijakan penguatan penduduk yang rentan pada kemiskinan terutama di perdesaan," ungkap Syamsul Anam.

Ia menambahkan, sumber tergerusnya desa secara statisik sudah terang terlihat, misalnya Nilai Tukar Petani (NTP) yang mengalami tekanan, juga harga yang konsisten mengalami peningkatan serta peningkatan pengangguran.

"Ingat warga miskin itu kalau dilihat persentase kita yang mencapai 11 persen jumlahnya setara dengan 443.980 orang miskin atau Sultra masuk kategori Big Ten penghasil warga miskin di Indonesia. Jadi tugas pemerintah bukan hanya menjaga perekonomian daerah, tapi juga harus menjaga ketahanan ekonomi masyarakatnya," pungkas Syamsul Anam. (ags/b)

OPTIMISTIS EKONOMI BERTUMBUH

TUMBUH POSITIF
-Ekonomi Sultra diprediksi tumbuh positif pada semester kedua (II) tahun 2023
-BPS dan ekonom optimistis ekonomi Sultra terus bertumbuh
-Ekonomi yang tumbuh positif pada semester I 2023 dari sebelumnya (semester I 2022) adalah cerminan penguatan ekonomi daerah pada periode berikutnya
-Contohnya, ekonomi Sultra semester I 2023 terhadap semester I 2022 tumbuh 6,48 persen (y-on-y)

FAKTOR PENDUKUNG
-Penguatan ekonomi daerah didukung produksi, lapangan usaha dan industri pengolahan
-Semester I 2023, pertumbuhan tertinggi sektor tersebut sekira 26,15 persen
-Dari sisi pengeluaran, komponen ekspor barang dan jasa juga mengalami pertumbuhan -Pertumbuhan tertinggi sebesar 7,21 persen
-Sementara pada semester sebelumnya (triwulan I 2022) mengalami kontraksi 7,43 persen
-Dari sisi produksi, lapangan usaha, konstruksi mengalami kontraksi terdalam 29,98 persen
-Dari sisi pengeluaran, kontraksi terdalam pada komponen ekspor barang dan jasa 35,46 persen

EKONOM
-Ekonom Sultra optimistis ekonomi Sultra pada semester II 2023 akan tumbuh positif
-Penguatan ekonomi Sultra didukung komponen PDB (Produk Domestik Bruto) yang meningkat
-Misalnya, nilai ekspor Sultra meningkat USD 298,24 juta (Mei 2023), naik 62,69 persen
-Jika dibandingkan ekspor April 2023 hanya USD 183,32 juta

ADA KETIMPANGAN
-Meski perekonomian daerah masih membaik, namun ada ketimpangan
-Ketimpangan itu adalah peningkatan jumlah warga miskin
-Selain itu, ketimpangan antarkelompok pendapatan yang lebar
-Peningkatan kemiskinan di Sultra perlu menjadi perhatian seksama
-Terutama jika ditinjau dari locus problem secara spasial ada di pedesaan
-Jika diperiksa dari indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan,
lokusnya ada di desa-desa
-Ketimpangan pendapatan masyarakat pedesaan makin melebar
-Padahal desa merupakan sumber ketahanan ekonomi alamiah dan regional

NILAI TUKAR PETANI (NTP)
-Sumber tergerusnya desa secara statisik dari Nilai Tukar Petani (NTP)
-NTP mengalami tekanan
-Selain itu, harga konsisten meningkat
-Termasuk adanya peningkatan jumlah pengangguran

PERSENTASE KEMISKINAN
-Persentase warga sekira 11 persen
-Jumlahnya setara dengan 443.980 orang miskin
-Sultra masuk kategori Big Ten penghasil warga miskin di Indonesia
-Tugas pemerintah bukan hanya menjaga perekonomian daerah
-Tapi harus menjaga ketahanan ekonomi masyarakat

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan

Exit mobile version