Optimalkan Pemenuhan Data, Tingkatkan APBD 2024

  • Bagikan
Abdul Azis
Abdul Azis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Langkah untuk terus meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setiap tahunnya, diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim).

Terbaru, Plt. Bupati, Abdul Azis, menantang jajarannya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan kinerja terkait permintaan data dari Pemerintah Pusat. Ia memerintahkan para pejabatnya lebih mengoptimalkan kinerja pemenuhan data-data yang dibutuhkan Badan Perencanaan Nasional (Bapenas). Harapannya, data tersebut bisa meningkatkan APBD Koltim tahun 2024 mendatang.

“Selama ini data-data yang ada belum pernah diupadate lagi di Bappenas. Itu berimplikasi pada stagnannya APBD Koltim setiap tahun. Alhamdulillah tahun 2023, Bappenas sudah menyepakati untuk perbaikan data-data Koltim sehingga bisa menaikkan APBD tahun depan,” kata Abdul Azis, Senin (24/7).

Ia mengaku, tahun ini sudah ada program Pemerintah Pusat yang turun untuk kawasan sentra produksi pangan (KSPP). Tak hanya itu saja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan memberikan bantuan.

“Untuk fokus pengembangan kawasan pangan itu berada pada tiga kecamatan, Loea, Ladongi dan Dangia. Alhamdulillah KSPP dan tematik Pemkab Koltim sudah terbuka dan Bappenas telah meminta datadata tersebut. Maka pihak OPD harus memaksimalkan kinerjanya. Usaha kita ini akan membuahkan hasil untuk kemajuan daerah,” tandasnya. (c/kus)

  • Bagikan

Exit mobile version