Kabupaten Terinspiratif di Pameran Apkasi

  • Bagikan
TERINSPIRATIF : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka, Abbas (kanan) mewakili Pemkab Kolaka menerima penghargaan kategori kabupaten terinspiratif pada acara pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Jakarta. (Pemkab Kolaka For Kendari Pos)
TERINSPIRATIF : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka, Abbas (kanan) mewakili Pemkab Kolaka menerima penghargaan kategori kabupaten terinspiratif pada acara pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Jakarta. (Pemkab Kolaka For Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka turut serta mengikuti pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 yang berlangsung di Jakarta selama tiga hari dan berakhir pekan lalu. Pada acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tersebut dan diikuti ratusan daerah di tanah air, Kolaka berhasil meraih predikat sebagai kabupaten terinspiratif. “Kami bangga karena pada event nasional ini Kolaka menjadi salah satu pemenang kategori kabupaten terinspiratif. Tentu capaian ini tidak lepas dari dukungan dan arahan Bapak Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei,” tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kolaka, I Nyoman Suastika, Senin (24/7).

I Nyoman mengatakan, dalam pameran tersebut pihaknya menampilkan berbagai potensi di Bumi Mekongga yang dapat dijadikan bisnis dan investasi. “Di stand kami pamerkan potensi daerah seperti pertambangan, perkebunan, peternakan dan pertanian serta produk UMKM. Selain itu, melalui video singkat kami juga tampilkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kolaka,” bebernya. Menurut I Nyoman Suastika, dengan tampilan yang menarik tersebut, maka stand Pemkab Kolaka dinilai paling menginspiratif dibanding dengan peserta daerah lainnya.

“Stand pameran kami bagus dan indah. Sehingga oleh panitia dinobatkan masuk kategori inspiratif. Adapun penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka, Bapak Abbas,” ujarnya. I Nyoman Suastika menambahkan, pada acara penutupan AOE 2023 tersebut, pihaknya mempersembahkan tarian adat moanggo umoara. “Untuk pertama kalinya tarian tersebut tampil pada event ini. Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kami,” tuturnya.

Pihaknya berharap keikutsertaan Kolaka dalam event nasional tersebut dapat berdampak bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Jadi Apkasi itu kami tidak hanya ingin sekadar tampil dan menjadi juara. Tapi bagaimana mendatangkan investor dan wisatawan agar mereka dapat merekrut tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan daerah,” ujar mantan Kadis Koperasi dan UKM Kolaka. (c/fad)

  • Bagikan