Rona Bahagia Usai Berhaji

  • Bagikan
Rona bahagia terpancar dari jemaah haji saat bertemu keluarga di Asrama Haji Kendari, Minggu (23/7) kemarin. Kemenag Sultra turut menyambut kedatangan jemaah haji Kloter 24 asal Kota Kendari itu. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
Rona bahagia terpancar dari jemaah haji saat bertemu keluarga di Asrama Haji Kendari, Minggu (23/7) kemarin. Kemenag Sultra turut menyambut kedatangan jemaah haji Kloter 24 asal Kota Kendari itu. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Jemaah Haji Kota Kendari Tiba di Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 24 UPG asal Kota Kendari menjejak tanah Sultra, kemarin. Bertolak dari Kota Madinah 21 Juli dan mampir semalam di Debarkasi Makassar, 22 Juli, akhirnya 393 jemaah haji bertemu keluarga di Kota Kendari, Minggu (23/7), kemarin. Rona bahagia terpancar di wajah jemaah haji saat bertemu keluarga usai menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah.

Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra, H. Asrun Lio yang turut menyertai jemaah haji selama berhaji di Tanah Suci mengatakan seluruh PHD bersama jemaah Sultra lainnya telah menuntaskan semua rangkaian ibadah haji. H. Asrun Lio yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra itu memastikan semua jemaah haji kloter 24 dalam kondisi sehat.

"Sekda itu hanya status jabatan, tetapi kita sebagai jemaah, peserta dan juga sebagai petugas haji tuntas menunaikan tugas. Ini tentu bukan tugas yang ringan, karena kita membawa jemaah-jemaah yang usianya lansia. Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan baik selama di Tanah Suci, Makkah hingga kembali ke Sultra," ujarnya saat ditemui di Bandara Haluoleo, Minggu, kemarin.

Sekda Sultra, H. Asrun Lio menambahkan saat berada di Tanah Suci, jemaah haji yang umumnya sudah lansia banyak membutuhkan bantuan, baik saat melaksanakan ibadah haji maupun bantuan fisik lainnya.

"Alhamdulillah ibadah haji ini telah kita laksanakan dengan baik. Kita selalu panjatkan doa dan atas bimbingan, hidayah, dan petunjuk-petunjuk Allah SWT sehingga semua jemaah kembali dalam kondisi baik, sehat dan selamat serta bisa kembali berkumpul bersama keluarga," ungkap Sekda H. Asrun Lio.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, H. Muhammad Saleh mengatakan pemulangan jemaah Sultra dibagi dalam 3 penerbangan (flight), kemarin. Flight pertama dan kedua adalah utuh jemaah haji Kota Kendari yang tergabung di Kloter 24. "Kemudian flight terakhir itu gabungan jemaah haji kabupaten kota lainnya di Sultra," ujarnya.

Muhammad Saleh menjelaskan jemaah haji di Kloter 24 UPG berjumlah 393 orang termasuk PHD. "Alhamdulillah mereka kloter 24 berjumlah 393 jemaah haji telah tiba di Kota Kendari dengan selamat dan utuh sesuai jumlah saat berangkat. Ini tentu patut kita syukuri," ungkapnya.

Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh PHD Kloter 24 UPG yang telah mendampingi jemaah haji dari awal pemberangkatan hingga kembali pulang ke Kota Kendari. "Kita berharap para jemaah haji kita meraih predikat haji mabrur," harap Muhammad Saleh.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan Pemkot bersama Pemprov Sultra menerima secara resmi jemaah haji Kota Kendari yang tergabung dalam Kloter 24 UPG.

"Jemaah haji tiba di Kendari dalam keadaan selamat. Ini patut disyukuri, karena kloter 24 ini murni seluruhnya masyarakat Kota Kendari berjumlah 393 orang. Saya ucapkan selamat datang, selamat kembali di Kota Kendari dan selamat bertemu keluarga besar. Doa kami semoga menjadi haji mabrur, dan menjadi teladan bagi warga Kota Kendari," ujar Pj.Wali Kota, Asmawa. (rah/b)

  • Bagikan