Dipimpin Bahri, Mubar Terus Tumbuh

  • Bagikan
Pj.Bupati Mubar, memipin upacara HUT ke-9 Mubar
Pj.Bupati Mubar, memipin upacara HUT ke-9 Mubar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upacara perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kabupaten Muna Barat yang digelar Minggu (23/7) berjalan sukses. Momentum perayaan HUT itu merupakan kali kedua di era kepemimpinan Bahri sebagai Penjabat (Pj) Bupati Mubar yang sudah memasuki satu tahun lima bulan. Di masa kepemimpinanya itu, Bahri telah membawa Mubar mengalami banyak kemajuan dalam berbagai sektor pembangunan. Mubar terus tumbuh dan sejajar dengan Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Sultra.

“Memasuki usia yang ke-9 tahun kami (Mubar) telah mampu mensejajarkan diri dengan kabupaten/kota lainya yang telah berdiri lebih dahulu di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal capaian pembangunan,” kata Bahri dalam sambutannya memimpin upacara HUT Mubar.

Lanjutnya, sepanjang 2022-2023 capaian pembangunan mulai menunjukan kemajuan yang signifikan, baik dalam hal penataan birokrasi pemerintahan, percepatan pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan. Akselerasi pembangunan pada 2022 -2023 lebih difokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan sarana dan prasarana perkantoran, peningkatan daya saing infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia. Prof. Usman Rianse (Ketiga dari kiri), Ketua KPU Mubar, La Tajudin (kedua dari kiri) dan Anggota DPRD Sultra, LD Tariala hadir (keempat dari kiri) hadir dalam upacara HUT ke-9 Mubar.

Upaya itu sudah menunjukan sebuah keberhasilan yang dapat dilihat pada capaian indikator makro pembangunan Mubar 2022. Capaian itu terus mengalami peningkatan dan sejajar dengan Kabupaten lainnya di Sultra. Tentunya semua ini tidak lepas dari dukungan dari seluruh stekholder pembangunan di Mubar yang terus berusaha serta bersinergi dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mubar.

“Sebagai Pj Bupati Mubar, saya akan terus konsisten dalam mendukung visi-misi presiden sebagaimana yang tertuang dalam rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan Provinsi Sultra serta dokumen rencana pembangunan daerah Kabupaten Mubar 2023-2026. Sehingga tercipta sinergisitas dan harmonisasi pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” terang orang nomor satu di Mubar itu.

Pemkab Mubar senantiasa mendukung pembangunan-pembangunan strategis nasional melalui berbagai sektor. Pada periode pertama hingga memasuki periode kedua diamanahi sebagai Pj Bupati Mubar, Bahri telah menindak lanjut beberapa program strategis nasional. Di antaranya percepatan penurunan stunting, penanganan kemiskinan ekstrim, mempermudah jalannya investasi dan lainnya. “Dalam rangka menunjang kemudahan investasi merilis aplikasi sicantik untuk memudahkan perizinan. Sehingga terjadi peningkatan seluruh perizinan di Mubar dengan OSS RBA,” ucapnya.

Selain itu, dalam hal penganan inflasi daerah Pemkab Mubar gencar melakukan sidak pasar, melaksanakan operasi pasar, rutin menggelar rapat teknis TPID bersama Forkopimda, BPS dan Bulog. Kemudian menginisiasi gerak menanam cepat panen diseluruh Kecamatan di Mubar. Serta menjalin kerjasama antara daerah dengan Kabupaten/Kota penghasil dalam rangka pemenuhan komoditi masyarakat yang mengalami surplus. Juga pemberian subsidi transportasi darat dan laut.

“Upaya penanganan inflasi di Mubar berhasil masuk nominasi TPID award tahun 2023 dari pemerintah pusat,” ucapnya. Meski demikian, pihaknya menyadari dalam kurung waktu 1,5 tahun menjabat sebagai Pj Bupati Mubar masih terdapat permasalahan yang belum terselesaikan. Makanya di momentum ini saya mengajak seluruh masyarakat Mubar dan seluruh jajaran Pemda Mubar untuk terus melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan pembangunan yang sudah dilaksanakan. “Sehingga dengan begitu kita dapat mengetahui hal-hal baik yang harus kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi dan diperbaiki,” ungkapnya. (ahi/adv)

  • Bagikan

Exit mobile version