Unsultra Dorong Peningkatan Kualitas Pengelolaan Pendididikan

  • Bagikan
Foto bersama Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., (delapan dari kiri, mengenakan masker) usai kegiatan. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Foto bersama Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., (delapan dari kiri, mengenakan masker) usai kegiatan. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

--Gandeng KTO Karatay University Turkey

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bersama KTO Karatay University, Turkey menyelenggarakan Internasional Collaborative Seminar bertajuk Financial Stability and its Implication for islamic Financial in The Digital Era, secara online dan offline di WTC Unsultra.

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan pembicara, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (Unsultra); Imran, S.E., M.EC.DEV (Unsultra); Dr. Huseyin Ergun (KTO Karatay University) dan Dr. Komala Bayram (KTO Karatay University).

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa seminar internasional ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen terutama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsultra secara offline. Selain itu, ada juga mahasiswa Turkey dan beberapa mahasiswa dari Asia yang mengikuti seminar secara online.

"Mudah- mudahan kegiatan seminar internasional yang pelaksanaannya secara offline dan online ini akan memperbaiki atmosfir akademik, meningkatkan gelora kegiatan akademik skala internasional. Serta memperbaiki kualitas pengelolaan pendidikan secara umum di Unsultra khususnya FEB dalam peningkatan Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi (PT)," terangnya.

Prof. Andi Bahru. menjelaskan, bahwa selain menggelar seminar internasional, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan Letter of Intent antara Faculty of Economics dan Finance KTO Karatay University dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsultra beserta beberapa prodinya, yang dilanjutkan dengan diskusi untuk membicarakan teknis tentang implementasi dari pada MoU.

"Kerja sama Unsultra dengan KTO Karatay University, Turkey sudah diawali sejak tahun 2018, saat itu ada kegiatan International Round Table Conference di Hotel Plaza In Kendari, yang dihadiri oleh PT dari 5 negara," jelasnya.

Ia menuturkan, MoU antara kedua institusi tersebut sangat penting, tetapi yang paling penting lagi bagi rektor adalah bagaimana mampu mengimplementasikan isi dari MoU itu, baik melakukan kegiatan seminar, pertukaran dosen, mahasiswa, joint riset, kerjasama publikasi dan lain sebagainya.

"Dalam pelaksanaan penandatanganan Letter of Intent antara Faculty of Economics dan Finance KTO Karaty University dengan FEB Unsultra, saya hadir menyaksikan. Kami sudah rencanakan tanda tangan MoU antara 2 Rektor, apakah kami yang akan berkunjung ke KTO Karatay University atau dari Rektor Turkey yang kesini, nanti kita lihat kondisinya," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini Unsultra akan melakukan kunjungan ke salah satu negara yang ada di asia. Dimana Unsultra akan menggelorakan Unsultra In Global Action, Dream to Become A Future University.

"Kami juga sudah ada agenda trip ke salah satu negara di wilayah negara asia tengah di bulan ini, untuk suatu kegiatan kolaborative internasional dan tanda tangan MoU. Hal ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan SDM khususnya mahasiswa, alumni Unsultra dan umumnya anak bangsa, daerah dan negeri tercinta," tutup Mantan Ketua Universitas Terbuka Kendari ini. (win/b)

  • Bagikan