STQH XXVII Sultra Masuk Tahap Final, KH Mursyidin : Semua Daerah Punya Kafilah Unggulan

  • Bagikan
KH Mursyidin
KH Mursyidin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) ke XXVII Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023 telah memasuki babak final. Tercatat hampir semua 17 Kabupaten/Kota Se Sultra memiliki keterwakilan.

"Alhamdulillah STQH tahun ini kita sudah melewati babak penyisihan. Baru tadi pagi dilaksanakan babak final karena penyisihannya hanya dua hari dan hari ini akan final untuk kategori dewasa," ujar Ketua Dewan Hakim STQH ke XXVII Tahun 2023 KH Mursyidin saat ditemui, Senin (17/7/2023).

Adapun seleksi yang tidak memasuki babak final adalah peserta lomba dan tilawah 30 juz, tafsir bahasa arab dan masabaqah Al Hadit.

"Karena pesertanya sedikit tidak memenuhi keterwakilan 17 Kabupaten/Kota. Maka atas dasar tehnikal miting kemarin semua peserta tidak di finalkan," jelasnya.

Lanjut, Ketua MUI Sultra ini juga mengungkapkan adanya perkembangan yang signifikan dari peserta seleksi setiap tahunnya. Pasalnya pada STQH kali ini tidak didominasi oleh satu daerah saja.

"Alhamdulillah hampir semua Kabupaten/Kota sudah memiliki yang bisa di andalkan. Dan tidak mendominasi satu kabupaten saja yang tampil dalam tahapan final," paparnya

Ia pun berharap kedepan Bupati dan Wali Kota Kabupaten/Kota se Sultra bisa memperhatikan dan peduli tehadap pembinaan tilawah, tahfid dan pembinaan tafsir.

"Di Sultra kita punya banyak bibit-bibit potensial tinggal pembinaan saja yang kurang, kalau itu di intensifkan maka itu akan muncul bibit-bibit baru," tuturnya.

Usai pelaksanaan tahapan final, kata KH Mursidin pihaknya akan menggelar rapat paripurna untuk menentukan perserta yang juara sesuai dengan nilai tertinggi.

"Dan Kabupaten/Kota mana yang banyak juaranya nanti kita akan buka juga juara umum berdasarkan nilai terbanyak secara keseluruhan," bebernya.

Rencanya pelaksanaak STQH ke XXVII Sultra tahun 2023 akan berakhir dan ditutup pada 18 Juli 2023.

"Setelah kegiatan STQH ini, insyaAllah akan ada pembinaan melalui Pemerintah Provinsi untuk dipersiapkan pada STQH tingkat nasional ke XXVII di Jambi pada Bulan Oktober," pungkasnya. (KP)

  • Bagikan